UKM Sainstek Koordinatori Program Keilmiahan Universitas Muhammadiyah Purworejo

0
633

PWMJATENG.COM, PURWOREJO – Setelah dilaksanakan Musyawarah Tahunan Anggota pada beberapa waktu lalu dan telah terpilih struktural kepengurusan selama 1 tahun periode ke depan, akhir pekan lalu dilaksanakan pengukuhan dengan pelantikan seluruh pengurus sejumlah 42 mahasiswa dari berbagai macam program studi bertempat di Ruang Seminar Kampus Timur Universitas Muhammadiyah Purworejo. tema yang diangkat periode ini “Menjadikan Generasi Sains dan Teknologi yang Progresif”.

“Agenda pelantikan hari ini sebagai bentuk pengukuhan seluruh pengurus yang telah diambil kesediaannya pada  musyawarah tahunan anggota” ujar Rohmah Putriyanti Ketua Panitia.

Agenda hari ini dihadiri oleh perwakilan UKM, HIMA, Ortom, Alumni, Pembina dan Wakil Rektor III UMP. Dalam sambutan ketua terpilih UKM Sainstek Periode 2017/2018 mengutip pidato awal baiat Sabahat Nabi Umar bin Khattab sebagai Khalifaturrasyidin. “Innalillaahi wa innailaihi raji`uun, Hai orang banyak semuanya. Aku diangkat mengepalai kalian. Dan aku bukanlah yang terbaik diantara kalian. Jika aku membuat kebaikan. Maka dukunglah aku. Jika aku membuat kejelekan. Maka luruskanlah aku…..” ungkap Istighfarin Ketua UKM Sainstek terlantik.

2002-ump-2

Ditambahkan pula bahwasanya mahasiswa dituntut untuk peka terhadap kondisi sosial dan lingkungan baik pada kampus maupun pemerintahan daerah Kabupaten Purworejo. kesuksesan itu dapat berkontribusi bagi almamater dan sekitarnya. “Organisasi itu bak sebuah pohon, ada berbagai bagian yang mana membutuhkan sinergisitas antara bagian tersebut. Begitu juga dengan organisasi ini tentunya untuk bisa berjalan baik dan memberikan manfaat bagi yang lainnya butuh sinergi dan komunikasi aktif dengan semua pihak lebih lagi demi tercapainya tujuan organisasi ini yaitu Membumikan Iklim Ilmiah terutama di kampus dan masyarakat” pungkasnya.

Dilengkapi oleh Ahmad Qomarudin Ketua terdemisioner bahwasanya budaya ilmian yang dikembangkan secara massif guna mendukung kemajuan peradaban bangsa dan negara. Perkembangan unit kegiatan ini dari masa ke masa semakin baik sejak berdirinya tahun 2008.
“Keberhasilan sebuah organisasi ada 2 hal ketika ada pengurusnya artinya ada kaderisasi yang berjalan dan ada program yang berjalan artinya aktivitas organisasi berjalan. Tradisi yang harus terus didengungkan yaitu budaya tulis menuis diskusi. Tidak lagi dengan demonstrasi yang beberapa waktu lalu” ujar Suyoto, M.Pd. Pembina UKM.

Berdasarkan SK Rektor No. 91 tahun 2017 ini beberapa program keilmiahan mahasiswa yang diluncurkan dari kemendikti diberikan apresiasi bagi mahasiswa yang berhasil pada program tersebut. Seperti pada PKM(Program Kreaitivtas Mahasiswa) bidang Kewirausahaan dan Program Mahasiswa Wirausaha (PMW)  akan dikonversikan pada mata kuliah kewirausahaan, Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) bidang Penelitian akan dikonversikan pada mata kuliah metode penelitian serta Program Hibah Bina Desa (PHBD) dan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) bidang Pengabdian Masyarakat akan dikonversikan pada mata kuliah KKN (Kuliah Kerja Nyata).

“Guna menjawab permasalahan sosial dan lingkungan yang telah disampaikan sebelumnya, silahkan jawab dengan dukungan keilmiahan melalui program kreativitas dan keilmiahan lainnya yang telah diprogramkan oleh kementerian. Maka, untuk keberhasilan membumikan keilmiahan tersebut, UKM Sainstek lah yang menjadi koordinator pelaksananya. Selain itu, program penelitian serta kreativitas tersebut juga dapat menjadi daya tambah nilai bagi perguruan tinggi terkait dalam akreditasi institusi. Selamat berjuang bersama bersinergi dengan semua pihak yang ada di Universitas Muhammadiyah Purworejo ini” ujar Istiqo Agus Wicaksono, S.P., M.Sc. selaku WR III UMP. (AM)