Uji Kompetensi Life Skill Siswa SMA Muhammadiyah 1 Muntilan Disaksikan Langsung Para Wali Murid

0
1082
orang tua menyaksikan putrinya dalam uji kompetensi life skill tata rias,

PWMJATENG.COM, MAGELANG – “Salah satu konsep yang sangat sentral dari program pendidikan kecakapan hidup adalah pendidikan diharapkan mampu untuk memecahkan masalah-masalah yang timbul. Karena itu, pendidikan harus dapat mensinergikan berbagai pelajaran menjadi sebuah kecakapan hidup atau ketrampilan hidup dengan harapan bahwa para peserta didik nantinya akan mampu memecahkan masalah-masalah yang sedang dan akan dihadapi. Mendidik anak-anak di bidang ilmu pengetahuan sangatlah penting, namun memperhatikan life skill mereka juga tak kalah penting”, kata Eddy Yusuf, S.Pd.,selaku Kepala SMA Muhammadiyah 1 Muntilan kepada penulis seusai memberikan pengarahan kepada orang tua wali murid yang hadir mendampingi putra-putrinya dalam kegiatan Uji Kompetensi
Life Skill Siswa Kelas XI (Sebelas) SMA Muhammadiyah 1 Muntilan Tahun Pelajaran 2016/2017.

salah seorang guru dan orang tua usai mendampingi life skill tata boga dan sekaligus menilai dan menikmati hidangan hasil uji kompetensi tata boga.

Uji Kompetensi Life Skill SMA Muhammadiyah 1 Muntilan Tahun 2017 ini diikuti oleh 218
siswa Kelas XI (sebelas), dengan 10 bidang Life Skill meliputi : Design Grafis, Handycraft, Presenter, Tata Boga, Tata Busana, Tata Rias, Teknisi HP, Teknisi Komputer, Photography, dan Dekorasi. Uji Komptensi Life Skill dengan menghadirkan orang tua untuk mendampingi putra-putrinya saat praktik Uji Kompetensi telah dilaksanakan sejak tahun 2013.

SMA Muhammadiyah 1 Muntilan sendiri sejak tahun 2004 telah mulai membuka program life
skill dengan membuka 8 bidang life skill pada saat itu dengan minus Life Skill Photography dan
Dekorasi. Kemudian sejak 2007 menambah dua bidang life skill sebagai program pilihan wajib untuk siswa kelas X dan XI selama 3 (tiga) jam pelajaran dan dilaksanakan di pagi hari pada setiap hari Sabtu. Tiap siswa memilih satu jenis life skill sesuai dengan pilihannnya sejak duduk di kelas X (sepuluh). Banyak prestasi Life Skill yang telah dicapainya, sementara lulusannya sudah banyak yang mengaplikasikan ilmunya di masyarakat sesuai dengan keahlian life skill yang diikuti di sekolah.

Pembelajaran di luar sekolah bekerjasama dengan fihak lain, seperti halnya Life Skill Tata Boga pernah belajar dengan Hotel Atria Magelang dalam materi Tabelmener, Life Skill Tata Rias dengan salah satu boutique di Yogyakarta dan Life Skill lainnya bekerjasama dengan fihak luar sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Sementara pengampu pembelajaran life skill, sekolah bekerjasama dengan beberapa praktisi
dibidangnya masing-masing yang mempunyai kompetensi dan jenis usaha yang diampu. Pelaksanaan Uji Kompetensi Life Skill SMA Muhammadiyah 1 Muntilan tahun ini dilaksanakan mulai hari Sabtu, 15 April 2017 dan berakhir hari Kamis, 20 April 2017. Sekolah beberapa tahun ini sengaja mengudang orang tua wali, bahwa putra-putrinya yang mengikuti life skill di sekolah diberikan bekal ilmu ketrampilan kecakapan hidup, sehingga harapannya usai pendidikannya tingkat sma bagi yang tidak melanjutkan ke perguruan tinggi, dapat mengaplikasikannya di masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

Kedepan SMA Muhammadiyah 1 Muntilan akan tetap mempertahankan pembelajaran life skill
yang sudah ada sebagai brand sekolah lokal, sekolah yang tetap diminati dan menjadi pilihan utama oleh masyarakat Kabupaten Magelang dan sekitarnya. SMA Muhammadiyah 1 Muntilan dengan seluruh siswanya berjumlah 638 siswa tahun pelajaran 2016/2017 merupakan sekolah umum terbesar di Kabupaten Magelang yang siswanya berasal dari wilayah sekitar. (Kadek-Bick}