Tutup Tahun Ajaran, Sekolah Teladan Sampaikan Raport Sekaligus Bukber

0
600

PWMJATENG.COM, Purworejo – Akhir tahun ajaran 2016/2017 Sekolah Teladan yang ditandai dengan penerimaan Raport Semester genap. Penerimaan raport tahun ini dikemas berbeda dar tahun sebelumnya yakni sekaligus dengan buka bersama dan penutupan Pesantren Ramadhan ceria, Sabtu (17/6/17). Pesantren Ramadhan yang diikuti oleh siswa-siswi telah dilaksanakan semenjak sepekan lalu.

Disampaikan Kepala Sekolah Widi Hastomo, S.E. bahwasanya acara dilangsungkan di kampus Sekolah Teladan SD Muhammadiyah Kemiri ini diikuti oleh siswa beserta wali kelas 1 dan 2, guru dan karyawan berjumlah 100 orang.

Agenda dimulai dengan pesan psikologi pendidikan oleh kepala sekolah Widi Hastomo, S.E.

“Dusta adalah induk segala maksiat. Dari dulu sampai sekarang yang tidak disadari para orang tua mengajari dusta pada balita mereka ketika jatuh mereka menyalahkan kodok aduh jatuh ya dek….kodoknya nakal yaa,” ungkapnya.

Berlanjut dengan agenda penjelasan umum tentang time schedule tahun ajaran baru 2017/2018 dan persiapan perlengkapan pembelajaran untuk siswa seperti buku tulis serta buku ajar. Dalam penerimaan raport disampaikan kepada walisiswa bersama putra-putrinya. Disela-sela itu diberikan pembagian kejuaraan kelas dan kejuaraan siswa saat pesantren ramadhan ceria, doorprize untuk keteladanan akhlak baik juga hafalan siswa.

Dilanjutkan dengan buka bersama saat waktu maghrib tiba. Hebat wali dan siswa makan bersama sangat jarang ditemui kalau tidak saat acara seperti ini. Rangkaian acara ini ditutup dengan shalat berjamaah maghrib di masjid sekolah dan setelah itu doa dan pesan untuk berpisah karena libur semester juga idu fitri yang jumlahnya 24 hari.

Salah satu wali siswa mengungkapkan sangat berkesan dengan rangkaian yang diselenggarakan. “Acaranya kreatif, didalamnya juga selain pendidikan ke anak juga tak lepas kepada wali siswanya. Kita jadi tahu adab berbuka puasa yang anak-anak diajarkan di sekolah serta proses pendidikan yang diterapkan,”  Wagito wali siswa.

Agenda buka bersama ini didanai oleh Bu Diah Kiapmawati dari Purworejo untuk makan dan minumnya juga bapak cesarindo dari kutoarjo untuk hadiah dan doorprizenya. (akhmad musdani)