TK Aisyiyah Pacul Kampanyekan Konsumsi Ikan untuk Kebutuhan Gizi Anak

0
871

PWMJATENG.COM, TALANG – Dalam rangka memperingati hari kartini, TK Aisyiyah Pacul mengadakan lomba masak ikan bagi ibu-ibu wali murid. Rangkaian gebyar hari Kartini ini dilaksanakan di sepanjang jalan depan TK ‘Aisyiyah Pacul pada Jum’at, (28/4). Ibu-ibu wali murid yang jumlahnya 140 orang, kemudian dibagi menjadi 11 kelompok.

Kepada TK ‘Aisyiyah Pacul, Ibu Barkah mengungkapkan bahwa “tujuan diadakan lomba memasak ikan ini adalah sebagai upaya dalam peningkatan konsumsi ikan agar lapisan masyarakat gemar makan ikan sekaligus untuk membangun kesadaran gizi individu maupun kolektif masyarakat untuk gemar makan ikan dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat”.

Mengingat pentingnya peningkatan gizi pada anak-anak lanjutnya, terutama pada masa tumbuh kembang otak serta perkembangan otak bagi kesehatan mental dan fisik, ini menjadi fokus pemerintah yang diwujudkan melalui gerakan 1.000 hari pertama kehidupan (HPK) yang diinisiasi oleh dins kelautan, perikanan dan peternakan kabupaten Tegal. “Karena bila masa tumbuh kembang otak anak tidak memperoleh asupan nutrisi yang baik, maka Indonesia akan kehilangan generasi penerus bangsa yang cerdas dan sehat dimasa mendatang”. Ungkapnya.

Tegal merupakan daerah dengan hasil ikan yang melimpah, untuk itu kami selaku lembaga pendidikan bersama-sama dengan komite mengkampanyekan konsumsi ikan untuk kebutuhan gizi anak pada 1.000 hari pertama kehidupan.

Diakhir Kepala TK ‘Aisyiyah mengharapkan agar lomba ini mampu mendorong dan merangsang animo masyarakat untuk terus berkreasi, menciptakan menu-menu baru sehigga minat masyarakat untuk mengkonsumsi ikan dengan berbagai macam olahan terus meningkat. “Manfaatnya untuk membudayaan gemar makan ikan khususnya masyarakat dilingkungan sekitar, mempererat tali silaturahmi, serta menggali potensi kreasi ibu-ibu wali murid,” tutupnya.