Tiga Dosen IAIN Walisongo Calon Kuat

0
328

Semarang – Sekretaris Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jateng Tafsir, Kamis (7/10) mengatakan, salah satu agenda musyawarah adalah Pemilihan Anggota Pimpinan Wilayah Muhammadiyah periode Muktamar ke-46 (2010-2015) yang calon tetapnya sudah ada 39 nama, salah satunya ia sendiri.

“Kalau di Muhammadiyah, calon itu diusung oleh umat. Saya dicalonkan, ya harus siap. Intinya tidak boleh meminta, namun kalau diminta atau diberi amanat tidak boleh menolak. Jadi saya sendiri tidak berpikir ingin jadi ketua Pimpinan Wilayah atau bagaimana. Di kami memang begitu,” kata dia.

Keputusan tersebut ditetapkan 39 nama calon tetap tersebut ditetapkan dalam Musyawarah Pimpinan Wilayah (Muspimwil) Muhammadiyah, 26 September lalu di Kajen, Kabupaten Pekalongan. Ke-39 nama tersebut ditetapkan berdasarkan perolehan suara terbanyak dari 93 nama calon sementara.

Adapun lima besar nama perolehan suara terbanyak adalah tiga di antaranya merupakan dosen IAIN Walisongo Semarang, yakni Dr A Hasan Asy’ari Ulama’i MAg (145 suara), Prof Dr H Suparman Syukur MA (144), dan Tafsir MAg (142 suara).

Dua lainnya adalah Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jateng Drs H Musman Thalib M Ag (143) dan Guru Besar STAIN Purwokerto Prof Dr HM Dailamy SP (140). Diprediksi kelima orang yang masuk dalam lima besar itu merupakan calon kuat.

“Pembukaan diselenggarakan di GOR Purworejo, namun sidang-sidang akan dilakukan di Universitas Muhammadiyah Purworejo. Gubernur Bibit Waluyo direncanakan menjadi narasumber acara Muswil hari Sabtu (9/10),” katanya.

Di samping acara pokok, juga akan dilaksanakan kegiatan tambahan antara lain karnaval yang diselenggarakan hari Minggu pagi, sepak bola antara pimpinan Muhammadiyah Purworejo dengan GP Ansor Purworejo (Sabtu sore), pentas wayang malam Minggu, serta basar selama Muswil berlangsung, pementasan musik oleh group Serambi Bagelen dll, yang semuanya akan diselenggarakan di alun-alun Purworejo. (Sumber: SM/Udn))