TESCA 2013 – ICT Smartest Campus. Universitas Muhammadiyah Semarang Peringkat 66 Se-Indonesia

0
1067

SEMARANG – PT Telekomunikasi Indonesia, Rabu (1/5), mengumumkan Peringkat terbaru perguruan tinggi di Indonesia dalam aspek teknologi informasi dan komunikasi. Dalam acara tersebut, beberapa Universitas berprestasi menerima Telkom Smart Campus Award (TeSCA) – The ICT’s Smartests Campus 2013. TeSCA merupakan pengukuran indeks, pemeringkatan dan sekaligus pemetaan perguruan tinggi yang melaksanakan atau memanfaatkan TIK dalam kegiatan pendidikan di lingkungan kampus. TeSCA dimulai sejak tahun 2008 dan sampai 2010 konsep TeSCA berupa pemberian penghargaan (awarding) bagi perguruan tinggi terbaik dalam pelaksanaan TIK di kampusnya. Sejak tahun 2011 program ini lebih diarahkan pada pemeringkatan perguruan tinggi yang telah melakukan TIK. TeSCA 2013 diorganisasi oleh PT Tempo Inti Media Tbk (TEMPO Media Group) serta didukung Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud, Asosiasi Perguruan Tinggi Ilmu Komputer (Aptikom), dan Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (Detiknas).
Selanjutnya, tahun ini Telkom melakukan pemeringkatan terhadap 59 perguruan tinggi negeri dan 492 perguruan tinggi swasta. Direktur Enterprise & Wholesale Telkom, Muhammad Awaludin, mengatakan, penghargaan ini menjadi bagian untuk mendorong perguruan tinggi di Indonesia melakukan berbagai percepatan peningkatan kualitas melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam praktik belajar mengajar di kampus. “Diharapkan perguruan tinggi di Indonesia beroleh potret yang lebih utuh tentang bagaimana sesungguhnya perguruan tinggi mampu meningkatkan daya saing dengan memanfaatkan ICT dan mengembangkan perguruan tinggi dengan standar kualitas setara World Class University”, kata Awaludin.
TeSCA – The ICT’s Smartests Campus 2013 sendiri pemeringkatannya ditentukan berdasarkan 11 indikator, yaitu (1) tingkat konektivitas dari ICT yang digunakan; (2) kelengkapan materi ICT, (3) standar aplikasi (software) yang digunakan; (4) kualitas literasi dosen dan visual yang menggunakan ICT, (5) kebijakan yang mendukung ICT di kampus; (6) manfaat ICT yang ada untuk masyarakat; (7) partisipasi kampus dalam pendidikan nasional; (8) ketersediaan sharing resource; (9) fasilitas komputer yang memadai untuk penerapan ICT; (10) penggunaan media IT yang ramah lingkungan dan (11) nilai penggunaan ICT bagi masyarakat di sekitar kampu

Berikut adalah 20 besar peringkat TESCA Nasional (Sumber : Website TESCA 2013).
1. Universitas Indonesia
2. Universitas Gunadarma
3. Institut Teknologi Bandung
4. Universitas Padjadjaran
5. Universitas Airlangga
6. Sekolah Tinggi AMIKOM Yogyakarta
7. Universitas Bina Nusantara
8. Universitas Komputer Indonesia
9. Universitas Gadjah Mada
10.Universitas Kristen Duta Wacana
11.Institut Pertanian Bogor
12.Universitas Kristen Satya Wacana
13.Universitas Brawijaya
14.Universitas Sriwijaya
15.Universitas Muhammadiyah Malang
16.Universitas Kristen Petra
17.Institut Teknologi Telkom
18.Universitas Negeri Surabaya
19.Institut Teknologi Sepuluh Nopember
20.Universitas Ahmad Dahlan

Berikut adalah 10 besar TESCA untuk universitas-universitas di Jawa Tengah dan lingkungan Kopertis Wilayah VI.
1. Universitas Kristen Satya Wacana (Peringkat 12).
2. Universitas Diponegoro (Peringkat 21).
3. Universitas Sebelas Maret (Peringkat 26).
4. Universitas Negeri Semarang (Peringkat 27)
5. Universitas Dian Nuswantoro (Peringkat 30)
6. Universitas Jenderal Soedirman (Peringkat 33)
7. Universitas Islam Sultan Agung (Peringkat 39)
8. Universitas Muhammadiyah Semarang (Peringkat 66)
9. Universitas Surakarta (Peringkat 73)
10. IAIN Walisongo (Peringkat 88)

(Fakhrudin/kompas.com/blog.uksw.edu)