Teguhkan 3 Program Unggulan, Muhammadiyah Karanganyar Adakan Turba Ramadhan

0
466

PWMJATENG.COM, KARANGANYAR – Dalam upaya mendorong perkembangan Muhammadiyah dan menggali segala potensi umat khususnya melalui kegiatan dakwah/kajian Islam, Pendidikan, Kesehatan, Sosial dan Ekonomi menuju peningkatan potensi umat untuk Karanganyar berkemajuan. Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Karanganyar mengadakan kegiatan Turba Bulan Ramadan 1438 H / 2017 M yang dilakukan secara bergelombang setiap Ahad 4, 11 dan 18 Juni 2017.

Putaran pertama Turba Bulan Ramadhan 1438 H telah dilaksanakan Ahad (04/05) dengan sasaran 6 lokasi Pimpinan Cabang Muhammadiyah yang terdiri dari PCM Karanganyar Kota, PCM Ngargoyoso, PCM Colomadu, PCM Mojogedang, PCM Tawangmangu dan PCM Jatiyoso. Masing-masing tim dikunjugi oleh Tim Turba yang telah dibentuk surat PDM Karanganyar nomor 309/III.0/A/2017 tertanggal 31 Mei 2017.

Dari pantauan masing-masing tim bergerak menuju lokasi setelah melaksanakan sholat dhuhur berjama’ah di Masjid Abu Nasir2 komplek Gedung Dakwah Muhammadiyah. Dimana masing-masing tim beranggotakan sekitar 10 s/d 11 orang yang merupakan anggota majelis/lembaga terkait yang bertugas mensosialisasikan 3 program unggulan PDM Karanganyar 2017 yaitu : progam Gerakan Wajib Ngaji, program Gerakan ZIS (Zakat, Infaq, Shadaqah. Red.), dan program Gerakan Ekonomi. Pantauan dari masing-masing tim kegiatan berjalan sukses secara peserta yang hadir dimana setiap tim dimasing-masing PCM disambut dan dihadiri oleh ratusan peserta dari PCM, PRM dan karyawan AUM.

Salah satu tim yang mendapat tugas turba ke PCM Ngarggoyoso tergabung dalam tim 2 melakukan kegiatan di Masjid Anis bin Malik yang berlokasi di dusun Sedonorejo desa Segoro Gunung kecamatan Ngargoyoso sebuah Ranting Muhammadiyah yang terletak di kaki Gunung Lawu dengakan ketinggian lebih dari 1.200 diatas permukaan laut. Dibawah koordinasi wakil ketua PDM Drs. H. SR. Nur Hidayah, M.Pd., tim melakukan silaturahmi dengan pimpinan PCM, PRM, Karyawan AUM, warga dan simpatisan Muhammadiyah.

Nur Hidayat dalam sambutannya menyampaikan kepada seluruh hadirin selain kegiatan silaturahmi bersama warga dan dimpinan di cabang, turba dimaksudkan untuk menginformasikan kegiatan-kegiatan persyarikatan. “Dengan turba ini selain kita bisa lebih saling mengenal satu dengan yang lain, diharapkan seluruh struktur pimpinan dan warga Muhammadiyah bisa mengetahui program-program persyarikatan sehingga bisa terjadi sinkronisasi” kata Nur Hidayat yang pernah menjadi PCIM Jepang ini.

“Nanti dari tim turba akan mensosialisasikan dan memberikan gambaran-gambaran teknis bagaimana gerakan wajib ngaji dilaksanakan mulai dari kumpulan warga, PRM dan PCM termasuk juga kegiatan pengumpulan, distribusi dan pelaoran ZIS melalui LAZISMU dan tentunya program pemberdayaan ekonomi rakyat apa saja yang akan dilakukan Muhammadiyah” tambah Nur Hidayat.

Sementara itu beberapa waktu yang lalu saat pertemuan rutin kantoran Jum’at (02/05) Sekretaris PDM Karanganyar Sarilan M. Ali, M.Pd., menyampaikan setidaknya ada 3 tujuan kegiatan turba PDM Karanganyar ini dilaksanakan. Pertama, meningkatkan komunikasi dan konsolidasi sebagai bagian sharing perkembangan gerakan dakwah di tingkat struktur lebih rendah. Kedua, melakukan evaluasi kegiatan persyarikatan secara menyeluruh di tingkat struktur lebih rendah. Dan ketiga, menyamakan visi, misi dan persepsi dalam semua jajaran persyarikatan dalam melaksanakan putusan-putusan persyarikatan dari tingkatan tertingggi.

“Maka hukumya wajib para pimpinan cabang, ranting, karyawan AUM mengikuti kegiatan ini. Bersifat mandatori bagi anggota Muhammadiyah di tingkatan tersebut” tegas Sarilan.

Setelah putaran pertama sukses dilaksanakan, maka putaran kedua dan ketiga kegiatan Turba Bulan Ramadhan 1438 H Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Karanganyar Tahun 2017 akan menysusul sesuai dengan jadwal dan tim yang telah ditetapkan. (MPI PDM Kra-JOe).