Tapak Suci UMS Gelar Kenaik Tingkat

0
864

PWMJATENG.COM, SURAKARTA – Agak sedikit berbeda, pagi itu gedung induk Siti Walidah Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) terlihat puluhan pesilat Tapak Suci berjajar rapi mengenakan seragam lengkap (29/4).

Warna Merah dengan balutan kuning turut menghiasi seragam perguruan pencak silat tertua di tanah air ini. Sinar mentari pagi itu turut menjadi pelecut semangat tersendiri bagi para pesilat yang mengikuti Ujian Kenaikan Tingkat (UKT) Tapak Suci.

Ketua Tapak Suci UMS, Arfan Adiwiguna menuturkan, ujian Kenaikan Tingkat (UKT) ini dilaksanakan dua hari 29-30 April 2017 dengan jumlah 22 peserta. “UKT ini merupakan ujian guna menempa para pesilat agar lebih tangguh lagi,” jelasnya.
.
“Bilah logam dapat menjadi bilah-bilah yang tajam , bernilai dan berharga itu melalui suatu proses dan tahapan yg tidak mudah. Ia dipanaskan, di tempa dan di diasah sampai pada titik yg tajam dan mengkilap. Seperti halnya manusia, ia tidak akan menjadi pribadi yg unggul dan kompeten tanpa melalui suatu tahapan berproses dan tempaan dalam hidup,” tambahnya.
.
Kemudian dari pembina Tapak Suci UMS, Mei Budi mengatakan “Orang luar negeri seperti jerman itu suka dengan Tapak Suci. Selain itu Tapak Suci merupakan perguruan seni beladiri pencak silat yang banyak mengantarkan atlet-atletnya menjadi juara baik nasional maupun international. Selanjutnya, kalian semua lah yang akan meneruskan perjuangan mereka dan mengarumkan nama bangsa Indonesia dikancah dunia,” ucapnya penuh semangat. (Bangkit N)