Tanamkan Jiwa Entrepreneur Sejak Dini Melalui Kegiatan Ekstra Membatik di MI Muhammadiyah Kalibeber

0
54

PWMJATENG.COM, KALIBEBER – Entrepreneur adalah suatu kemampuan (ability) dalam berfikir kreatif dan berperilaku inovatif yang dijadikan dasar, sumber daya, tenaga penggerak tujuan, kiat dan proses dalam menghadapi tantangan hidup.
Menanamkan jiwa entrepreneur merupakan bagian dari ikhtiar untuk mengimplementasikan tujuan penyelenggaraan pendidikan yang berbasis keunggulan lokal dal global.

Pendidikan berbasis keunggulan lokal dan global adalah pendidikan yang memanfaatkan keunggulan lokal dan global dalam aspek ekonomi, seni budaya, SDM, bahasa, teknologi informasi dan komunikasi, ekologi, dan lain-lain ke dalam kurikulum sekolah yang akhirnya bermanfaat bagi pengembangan kompetensi peserta didik yang dapat dimanfaatkan untuk persaingan global.

Untuk mewujudkan hal tersebut, MI Muhammadiyah Kalibeber telah melakukan terobosan positif terkait pengembangan diri siswa melalui kegiatan ekstra membatik dalam tahun terakhir ini.

Pada awalnya kegiatan ini hanya dikhususkan untuk beberapa anak ketika menghadapi event lomba kreatifitas, namun mulai tahun pelajaran 2019/2020 kegiatan ini dimasukkan ke dalam kegiatan ekstra pilihan yang bisa diikuti siswa dari kelas I – V, dalam rangka mengakomodir banyaknya keinginan siswa dan juga orang tua terkait kegiatan tersebut. Hal ini disampaikan oleh bagian kesiswaan MI Muhammadiyah Kalibeber, Metania Novi, S.Pd.I.

Alhamdulillah, ikhtiar yang dilakukan pihak madrasah selama ini tidak sia-sia. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya prestasi yang diraih oleh siswa di beberapa event kegiatan lomba, antara lain sebagai juara 1 dan 2 Desain Batik Tingkat SD/MI yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Wonosobo Tahun 2019 dan beberapa event lomba baik di tingkat kecamatan maupun kabupaten.

Dengan kegiatan ini diharapkan siswa mempunyai keterampilan dan juga kemandirian untuk menghadapi peluang dan persaingan di masa yang akan datang. (*)