Songsong Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi, Ponpes Almatera Temanggung Mengadakan Worksshop

0
161
Halaman depan masjid Pondok Pesantren Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak Temanggung Kampus 1.

PWMJATENG.COM, TEMANGGUNG – Temanggung. Selama tiga hari berturut-turut sejak Selasa-Kamis, (7-9/7/2020) yang bertempat di Aula Pondok Pesantren Al-Mu’min Muhammadiyah Temanggung (Almatera) kampus 1, seluruh guru dan karyawan unit MTs, MA dan SMK mengadakan Worksshop dalam rangka menyongsong pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (PJJ) di masa pandemi Covid-19. “Saya menekankan kepada semua guru dan karyawan di semua unit untuk mempersiapkan secara matang bentuk pembelajarannya,” ucap Direktur Ponpes Almatera Syamsuri Adnan dalam sambutan Worksshop.

Kegiatan Fortasi (Forum Ta’aruf dan Silaturrahmi Siswa) yang menjadi materi awal yang akan dimulai pada tanggal (13-15/7/2020) selama tiga hari bagi para siswa baru dan satu hari bagi siswa lama. Diketuai oleh Faishol Ahmad Fadli yang bertugas penuh dalam pelaksanaan kegiatan yang telah ditekankan oleh Direktur Ponpes untuk memanfaatkan media online semaksimal mungkin dan mengadakan pengecekan terlebih dahulu untuk kesiapan semua siswa dan orang tua/wali. Dominasi model pembelajaran jarak jauh yang yang dilaksanakan setelah Fortasi,menggunakan internet sepenunya untuk semua pelajaran dan ditekankan mencapai sasaran kepada tiga hal, yaitu ranah kognitif, ranah afektif dan ranah psikomotorik.

Persiapan sebelum pelaksanaan pembelajaran berlangsung yang semua guru dibekali terlebih dahulu dalam memanfaatkan media internet dengan berbagai pilihan yang diseragamkan, memberi kemudahan untuk menggunakan salah satu jenis media yang mendukung terhadap kompetensi pelajaran terkait yang diajarkan oleh masing-maisng guru.

Para guru yang ahli dan berlatar belakang dibidang komputer, menjadi rujukan bagi semua guru untuk mengembangkan model pembelajaran yang akan disampaikan kepada para siswa selama berlangsung pembelajaran jarak jauh. Makmun Pitoyo selaku Wakil Direktur bidang Pendidikan, memberikan berbagai contoh model pembelajaran yang bisa dipakai dan diterapkan selama masa (PJJ) dan praktis. Bagi guru-guru yang berusia muda, mereka mempunyai kelebihan tersendiri dan membagikan ilmunya kepada guru yang lain.

Pembentukan tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Ponpest Almatera (GTP2CPA) di acara Worksshop yang diketuai oleh Wahyu Eka Setiawan beserta tim, bertugas mengadakan segala keperluan yang dibutuhkan oleh semua siswa, para guru, para wali santri/siswa dan para tamu yang datang ke pondok dengan keperluan tertentu yang berlaku sesuai protokol Covid-19. Semua kompleks Ponpes Almatera dari semua ruang internal dan eksternal, kesemuanya disipkan dan disetandarkan keadaanya sesuai protokol kesehatan yang berlaku.

Kerja sama dengan Muhammadiyah Covid-19 Comand Center (MCC) PKU Muhammadyah Temanggung, Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Temangung dan lembaga-lembaga lain menjadi motor dalan menjalankan tugas dan kerja tim. “ Menjadi pengalaman pertama saya, karena baru kali ini menjadi anggota tim Gugus (GTP2CPA) Ponpes Almatera,” ucap Abdur Rouf dengan sesama tim. (Wahyu ES, Khamid)