SMP Musawerna Menuju Sekolah Berkarakter

0
460
Pada hari Rabu (30/11), SMP Musawerna berkunjung ke kantor Pemerintah Daerah Kabupaten Tegal untuk bertemu dengan Wakil Bupati Ibu Hj. Umi Azizah.

PWMJATENG.COM, TEGAL –  Merancang suatu sistem pendidikan yang berkarakter memerlukan sebuah proses yang panjang. Pendidikan Karakter Siswa dimana setiap manusia yang terlahir ke dunia merupakan anugrah dan setiap manusia menyandang potensinya masing-masing. Oleh karena itu jika sebuah lembaga pendidikan ingin menghasilkan lulusan yang memiliki perilaku yang sesuai dengan kaidah normatif yang berlaku di masyarakat pada umumnya.

Hal demikian telah diupayakan untuk diterapkan di SMP Muhammadiyah 1 Adiwerna (Musawerna). sistem pendidikan yang diterapkan oleh SMP Musawerna terus berkembang. Hari demi hari sistem demi sitem semakin lengkap, alhasil membentuk siswa-siswi yang tertib. Tertib bukan hanya dalam hal tata tertib namun dalam hal akhlak juga baik. Mulai dari siswa yang awalnya berangkat terlambat hingga berubah menjadi berangkat paling awal. semua itu tentu tidak lepas dari dukungan para stakehorder yang saling menguatkan. Tidak luput dari pantauan, hingga sebuah sandal pun harus tersusun rapi. Point sangsi pelanggaran yang selalu ditegakkan yang menjadi pendudkung ketertiban siswa akan membentuk kepribadian siswa yang disiplin.

Semua upaya tersebut adalah untuk menuju SMP Musawerna menjadi sekolah berkarakter. Pada hari Rabu (30/11), SMP Musawerna berkunjung ke kantor Pemerintah Daerah Kabupaten Tegal untuk bertemu dengan Wakil Bupati Ibu Hj. Umi Azizah. Tujuan kedatangan ke Pemerintah daerah adalah untuk meminta do’a restu sebelum berangkat Student Excange ke Beijing pada tanggal 2-10 desember 2016 mendatang sekaligus melauching sekolah berkarakter SMP Musawerna.

SMP Musawerna akan mengadakan student Excange ke Beijing tujuannya untuk menimba ilmu dan berkenjung ke beberapa sekolah maju. “Harapannya dengan Student Excange ini bisa menmbah referensi dan apa yang baik bisa diterapkan di sekolah kami” ucap Turrachman,S,Pd.I selaku Kepala sekolah. Ibu Hj.Umi azizah selaku Wakil Bupati Kabupaten Tegal sangat mengapresiasi kepada SMP Musawerna yang sangat berani menerapkan sistem-sitem tersebut demi terwujudnya Pelajar berkarakter.
“Janganlah kamu menunda-nunda pekerjaan jika itu bisa dilaksanakan sesegera mungkin, saya sangat bangga kepada SMP Musawerna yang terus berinovasi tanpa henti” Ungkapnya.

Diakhir Ibu Hj. Umi Azizah berpesan kepada para siswa agar selalu berpegang teguh kepada kejujuran terutama ketika sedang ulangan, inilah yang disebut berkarakter. “Semua siswa mempunyai potensi yang berbeda Ia akan menjadi manfaat atau tidak untuk dirinya sendiri dan lingkungannya tergantung perlakuan yang diterima dirinya”Tutupnya. (Riza A. Novanto)