SMP Muhammadiyah Beji Kedungbanteng Purwokerto Terima Hibah Gamelan dari SMA Negeri 3 Purwokerto

0
286

PURWOKERTO – Sebagai wujud kepedulian terhadap pengembangan seni, khususnya karawitan di Kabupaten Banyumas, SMA Negeri 3 Purwokerto menghibahkan seperangkat gamelan kepada SMP Muhammadiyah Beji Kecamatan Kedungbanteng.
Kepala SMA 3 Purwokerto, Drs. H. Warmanto, M.Pd, mengatakan penyerahan seperangkat gamelan tersebut juga tidak lepas, lantaran sekolahnya baru saja menerima hibah seperangkat gamelan baru dari Direktur SDM BRI, Gatot Mardiwasisto. “Hibah yang kami lakukan ini, sekaligus sebagai bentuk rasa syukur atas apa yang telah kami terima dari Direktur SDM BRI. Beberapa waktu lalu ia telah menyerahkan seperangkat gamelan kepada kami dengan kondisi yang masih baru,” tutur Warmanto.
Dengan adanya hibah dari Direktur BRI tersebut, maka SMAN 3 memiliki dua seperangkat gamelan. Makanya seperangkat gamelan yang lama diberikan kepada SMP terdekat. “Pada awalnya akan kami berikan kepada SMP negeri terdekat, tapi ternyata semuanya sudah memiliki. Saat kami bertanya ke SMP Muhammadiyah Beji, ternyata belum punya, sehingga kami berikan ke sekolah itu,” terangnya.
Warmanto berharap, keberadaan gamelan tersebut dapat menjadi sarana untuk mewadahi bakat dan talenta para siswa SMP Muhammadiyah Beji agar semakin lebih berkembang. “Memainkan gamelan, selain dapat memberikan hiburan sekaligus juga memberikan pendidikan,” ungkap dia.
Di SMA 3 Purwokerto, kata Warmanto, seni karawitan diajarkan kepada para siswa, baik sebagai mata pelajaran maupun sebagai kegiatan ekstrakurikuler. Bahkan grup seni karawitan di sekolahnya kerap tampil dan mampu meraih sejumlah prestasi yang cukup membanggakan.
Kepala SMP Muhammadiyah Beji Kedungbanteng, mengungkapkan dengan adanya perangkat gamelan, diharapkan akan lebih meningkatkan kualitas sekolahnya. “Harapan kami dapat meningkatkan kemampuan para siswa dalam melatih keterampilan memainkan gamelan, sehingga dapat menghidupkan seni tradisional,” ungkapnya. (Fakhrudin/suaramerdeka.com)