SMK Muhammadiyah Sirampog Brebes Kunjungi Pustekkom Kemendikbud

0
483

Ciputat – Sejumlah 80 siswa Jurusan Teknologi Komputer Jaringan SMK Muhammadiyah Sirampog, Kabupaten Brebes, beberapa waktu yang lalu mengunjungi Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (Pustekkom) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
Humas Pustekkom, Andi Sulistiyono, memberikan penjelasan sedikit tentang pustekkom dan produk-produk yang dimiliki oleh pustekkom. “Produk-produk yang kami hasilnya adalah Rumah Belajat, TV Edukasi, Suara Edukasi, m-edukasi, PPDB Online dan Jardiknas”, Jelas Andi Sulistiyono.
Portal Rumah belajar adalah memfasilitasi ketersediaan konten bahan belajar yang dapat dimanfaatkan oleh pendidik dan peserta didik, seperti bahan belajar interaktif yang dilengkapi dengan media pendukung gambar, animasi, video dan simulasi.
TVE (Televisi Edukasi) merupakan salah satu stasiun televisi pemerintah yang berkedudukan dibawah Pustekkom Kemdikbud yang memiliki peran serta dalam upaya pencerdasaan anak bangsa dengan menghadirkan berbagai layanan siaran pendidikan yang berkualitas untuk menunjang tujuan pendidikan nasional.
Suara Edukasi Pusktekkom memanfaatkan media radio untuk menyampaikan konten-konten pembelajaran. Dengan memanfaatkan frekuensi 1440 AM, diharapkan lokasi jangkauan penerimaan siaran menjadi lebih luas.Sekarang suara edukasi dapat di dengarkan secara online melalui akses ke suaraedukasi.kemdikbud.go.id
Mobile Learning/ m-edukasi yaitu portal yang menyediakan konten pembelajaran dengan berbasis mobile learning, sehingga konten tersebut dapat dimanfaatkan dengan menggunakan media handphone ,smartphone atau gadget yang mendukung file macromedia flash.
PPDB Online. Sistem PPDB Online terbukti mampu memenuhi harapan masyarakat tentang implementasi sebuah sistem penerimaan peserta didik (siswa) baru yang objektif, transparan, akuntabel, cepat, dan akurat.
Jardiknas adalah Wide Area Network (WAN) pendidik dan kebudayaan berbasis nasional yang melayani zona kantor pendidikan propinsi/kebudayaan/kota/instansi, Zona Perguruan tinggi, Zona Sekolah.
Selanjutnya mereka melakukan mini tour ke fasilitas-fasilitas yang dimiliki Pustekkom diantaranya Radio Edukasi, Studio TV Edukasi, help desk/call center,Master Control Room (MCR) dan Wahana Jelajah Angkasa didampingi oleh staff dari Pustekkom.