SMK Muhammadiyah Lebaksiu Giatkan Ekstrakurikuler Menulis

0
579

PWMJATENG.COM, Lebaksiu– Sejumlah peserta didik SMK Muhammadiyah Lebaksiu Kab Tegal Jawa Tengah para penggiata GLS terdiri dari  kelas X – XI Farmasi, Analis Kesehatan , Akuntansi dan Administrasi Perkantoran, Kamis (27/07/2017).

Para siswa dengan giat dan semangat untuk belajar menulis Fiksi maupun Non Fiksi. Kegiatan ini aktif setiap hari kamis pukul 16.00- 17.00 bertempat di Perpustakaan Sekolah. Tujuan dari kegiatan ini adalah mengembangkan dan menumbuhkan minat budaya membaca dan menulis serta menambah wawasan pengetahuan.

Dengan menggiatkan Ekstrakurikuler GLS maka akan terciptanya pelajar yang memiliki inovasi baru dalam hal gaya belajar. Literasi menciptakan generasi hebat  dan pelajar  berkarakter seperti Artikel Pak hendra Apriyadi di terbitkan oleh opini Radar Tegal , tanggal 18 Juli 2017 menjelaskan “Gerakan Literasi Sekolah  bagian dari Pendidikan Penguatan Karakter (PPK) karena gerakan ini bisa menumbuh kembangkan pola pikir peserta didik khususnya dalam bidang budaya membaca dan menulis. Sebagai seorang guru tentunya harus berupaya mendorong dan memberikan semangat kepada peserta didik terus menghasilkan produk Kreatif berupa karya nyata.“

Saya selaku ketua Ekskul GLS SMK Muhammadiyah Lebaksiu sepakat dengan hasil pemikiran pak hendra selalu Guru Bahasa Indonesia dan Pembina GLS. Dengan adanya program Ekskul GLS akan mempermudah untuk berkarya khususnya di bidang menulis Fiksi dan Nonfiksi  selain itu kegiatan ini juga bisa digunakan untuk ajang diskusi seperti contohnya setelah para anggota GLS menciptakan karya biasanya disuruh untuk diskusikan dan saling bedah karya bagian dari .Selain itu juga kgiatan membaca buku di perpustakaan atau lomba mereview buku .

Harapannya semoga adanya kegiatan ini saya selalu pelajar bisa terus menumbuhkan gerakan Literasi Sekolah , “ Pranita Indri I siswa kelas XI A Farmasi Ungkap Ketua Ekskul GLS SMK Muhammadiyah.

Lebih lanjut Andi Riswandi selaku Kepala Sekolah ,  Gerakan Literasi sekolah adalah program unggulan yang sedang di kembangkan  oleh Guru Bahasa Indonesia kelas X dan XI .. Harapan saya selaku kepala sekolah dengan adanya kegiatan GLS bisa terwujud siswa yang terampil, inovasi dan kreatif dan bisa menerapkan budi pekerti. dapat menimbulkan kecintaan, kesadaran dan kebiasaan siswa terhadap membaca, dapat memperkaya pengalaman belajar siswa dapat menambah kebiasaan belajar mandiri yang akhirnya membuat siswa mampu untuk belajar mandiri, dapat mempercepat proses penguasaan teknik membaca ,dapat membantu perkembangan kecakapan berbahasa dan daya pikir para siswa dengan menyediakan bahan bacaan yang bermutu, dapat membantu siswa dan guru sumber – sumber pengajaran. “ Jelasnya, (Hendra Apriyadi)