SMK Muhammadiyah Kudus Meresmikan Kelas Industri Oracle Academy

0
112

PWMJATENG.COM, KUDUS – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah Kudus meresmikan kelas industri Oracle Academy, di halaman sekolah SMK Muhammadiyah Kudus, Rabu (9/10).

Turut hadir dalam acara tersebut plt Bupati Kudus HM Hartopo, Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah Drs.Parlin, Analis Kerjasama Industri Subdit Penyelarasan Kejuruan dan kerjasama Industri Direktorat Pembinaan SMK Amalia Susiami, Oracle Academy Country Manager Indonesia dan Malaysia Nurul Huda, Kepala Bidang SMK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Tengah Dr Hari Wukyanto,  Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kudus Dr. H. Achmad Hilal Madjdi, serta Staf, guru dan siswa SMK Muhammadiyah Kudus.

Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah Kudus, Purwanta, menandatangani kesepakatan kerjasama dengan Oracle di bidang Oracle Academy.

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah Kudus yang berdiri sejak tahun 1993 ini, terus berbenah untuk menuju sekolah unggulan, dan telah ditetapkan oleh direktorat pembinaan SMK sebagai sekolah pencetak wirausaha, sekolah penyelenggara teaching factory, SMK berbasis industri unggulan wilayah serta ditetapkan sebagai sekolah rujukan dan calon pelaksana SMK revitalisasi tahun 2020.

Memasuki era Revolusi Industri 4.0, serta dahsyatnya tantangan Revolusi Industri 4.0, bukan lagi persaingan antar tenaga kerja, melainkan dengan mesin.

Bahkan melejitnya tekhnologi baru dalam dunia sains serta meningkatnya kecerdasan buatan, diperkirakan akan melibas habis peran manusia dalam sebuah industri atau perusahaan.
Banyak bidang pekerjaan yang selama ini diisi dengan tenaga manusia hilang dan digantikan dengan tekhnologi mesin, robot, ataupun kecerdasan buatan.
Oracle Academy merupakan program pengabdian masyarakat dari oracle di bidang pendidikan menengah kejuruan atau SMK.
Kurikulum Oracle Academy akan sangat membantu siswa di SMK untuk mendapatkan skill yang nantinya dapat dimanfaatkan untuk masuk kedunia Ilmu Tekhnologi (IT).
Cara kerja Oracle Academy di SMK adalah dengan sinkronisasi kurikulum, kemudian ditambahkan beberapa kurikulum dari Oracle Academy untuk dapat diimplementasikan dimata pelajaran produktif, mulai dari Java Fundamental, Java Foundation, Java Programming, hingga manipulasi sistem basis data.
Sebagai realisasinya, SMK Muhammadiyah Kudus bekerjasama dengan Oracle dalam program Oracle Academy.
Ruang kelas Oracle Academy, SMK Muhammadiyah Kudus
Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah Kudus, Purwanta, menyampaikan, ” Oracle Academy ini dimaksudkan supaya kurikulum yang ada di SMK Muhammadiyah Kudus ini bisa selaras dengan kebutuhan industri, saya berharap siswa SMK Muhammadiyah Kudus yang masuk dalam program Oracle Academy ini mempunyai kompetensi dan skill yang bisa bersaing di dunia usaha dan industri, khususnya dalam bidang informasi dan tekhnologi”.
Sementara itu, Wakil Sekretaris Majelis Dikdasmen Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah, Drs. Parlin, menyampaikan, ” Majelis Dikdasmen PWM Jateng memberikan apresiasi dan dukungan yang setinggi – tingginya atas prestasi yang telah diraih oleh SMK Muhamadiyah Kudus ini, semoga alumni siswa SMK Muhammadiyah Kudus ini tidak hanya terampil didalam keterampilannya, tetapi juga memiliki nilai – nilai moral, seperti budaya menghormati. Jangan sampai dengan kemajuan tekhnologi ni, budaya menghormati orang yang lebih tua, menghormati bapak ibu guru ini sampai terlupakan. Oleh karena itu dengan adanya media informasi sebagai media pembelajaran yang bagus ini bisa meningkatkan kreatifitas dan inovasi para siswa.” (it)