SMK Muhammadiyah Adakan Pelatihan Wirausaha

0
29
SMK Muhammadiyah Adakan Pelatihan Wirausaha

PWMJATENG.COM, SEMARANG – SMK Muhammadiyah 1 Semarang (SMK Mutu) mengadakan kegiatan Pelatihan Kecakapan Wirausaha (PKW), Sabtu (17/10). Kegiatan ini diinisiasi oleh Wakil Ketua Komisi X DPR RI Agustina Wilujeng Pramestuti.

PKW dibiayai oleh Kemendikbud Dirjen Vokasi dan Direktorat Kursus dan pelatihan. Peserta adalah 30 generasi muda asal Semarang dan sekitarnya yang direkrut melalui proses seleksi. Mereka berasal dari berbagai kalangan dan lintas agama

Agustina Wilujeng mengatakan kegiatan ini bertujuan agar anak-anak yang tidak melanjutkan sekolah mulai merintis usaha. Ia berharap peserta dapat menajamkan kepandaiannya dalam marketing atau penjualan secara online.

“Kemudian SMK tercatat sebagai penyelenggara PKW yang hebat,” ungkapnya dalam sambutan di SMK Mutu. Ia mengaku optimis peserta akan berhasil dalam berwirausaha.

Untuk mewujudkan hal tersebut, ada metode khusus yang digunakan agar peserta nyaman.Selain pelatihan, peserta pun mendapatkan bantuan modal dalam bentuk uang.

Nantinya peserta ini akan dilatih kecakapan wirausaha dengan tiga materi. Materi tersebut meliputi kewirausahaan, keterampilan membuat aplikasi berbasis web dan android, dan pendampingan usaha.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMK Mutu Semarang Nur Indah Yuniati berharap pelatihan ini dapat membantu penjualan, marketing online, dan lain sebagainya. “Sehingga akan sangat membantu kehidupan pribadi dan pemasaran pada para pemakai jasa,” ujarnya.

Pelatihan akan dilakukan dalam waktu enam minggu. Satu minggu tiga kali pertemuan. Sehingga totalnya adalah 16 kali pertemuan.

Sementara itu, ketua Majelis Dikdasmen PDM Kota Semarang, Drs. Joko Supriyono, MM, berharap agar pelatihan ini bukan hanya mencari ilmu tapi juga ibadah.