SMK Muhammadiyah 3 Weleri Gelar Pelatihan Kader Peduli Lingkungan

0
813

PWMJATENG.COM, Kendal-SMK Muhammadiyah 3 Weleri Kendal, melalui Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PR IPM) selama tiga hari, Jum’at – Ahad ( 4 – 6/11/16 ) menggelar pelatihan kader peduli lingkungan di Dukuh Sigentang Pantai Muara, Desa Gempolsewu, Kec. Rowosari, Kab. Kendal. Kegiatan di alam terbuka yang melibatkan lebih dari 150 siswa/i SMK Muhammadiyah 3 Weleri dari berbagai jurusan tersebut dipandu langsung oleh tiga orang guru, yaitu Hendy Feryyanto, ST, Setyo Pranoto, S.Pd, Kun Wahyono Tri Jatmiko, S.Pd, dan Muhammad Baidowi, S.Pd

Kepala SMK Muhammadiyah 3 Weleri, H. Yusuf Darmawan, S.Pd, M.Pd, Dip.Kmd melalui Waka Kurikulum, Hendy Feryyanto, ST, mengatakan, kegiatan dimaksudkan agar siswa lebih peduli dengan lingkungan alam, “ jika siswa selama ini kepeduliannya masih sebatas berada di lingkungan sekolah, dan di rumah, maka perlu ditingkatkan rasa kepedulian mereka di alam terbuka, yaitu lingkungan pantai “ katanya. Menurut beliau dipilihnya pantai sebagai tempat pelatihan karena lingkungan pantai dan sekitarnya harus dijaga agar tidak terjadi abrasi.
Pelatihan kader peduli lingkungan diawali dengan ceramah ilmiah dari jajaran Polsek dan Bintara Pembina Desa (BABINSA) Koramil 16/ Rowosari, dan PD IPM Kab. Kendal, dengan materi yang disampaikan antara lain kepemimpinan, tehnik penanggulangan abrasi pantai, dan bersahabat dengan alam. Usai penyampaian materi seluruh peserta diajak ke pantai untuk menanam bibit tanaman, cemara laut dan trembesi yang diperoleh dari bantuan Balai Pembibitan Tanaman Hutan (BPTH) Prop. Jawa Tengah “ dalam kegiatan itu kami mendapat bantuan dari BPTH Jawa Tengah sebanyak 500 bibit tanaman cemara laut, dan trembesi “ tuturnya.
Kepedulian siswa – siswi SMK Muhammadiyah 3 Weleri dalam kegiatan tersebut tidak terbatas pada alam lingkungan, tetapi juga peduli sesama. Kepedulian antar sesama di desa Gempolsewu diwujudkan dalam bentuk bakti sosial, dan pembagian sembako, “ Kami telah menyediakan dan memberi bingkisan, paket sembako untuk fakir miskin setempat “ kata Darmawan yang didampingi beberapa guru pembina “ Bingkisan berasal dari anak – anak kami yang peduli sesama “ lanjutnya. Beliau berharap pemberian paket sembako bisa meringankan beban hidup masyarakat kecil. “ Ada 25 paket sembako yang kami berikan kepada keluarga kurang mampu, dan setiap paketnya berisi ; beras 5 kg, minyak goreng 2 kg, telor ayam 1 kg, mie instan 5 buah, dan gula putih 1 kg “ jelasnya. (AbG/MPI Kendal)