SMK Famuba Lebaksiu Praktikkan Pendidikan Berbasis Enterpreneur

0
554

PWMJATENG.COM, TEGAL – SMK Muhamadiyah Lebaksiu (Famuba Lebaksiu) melauncing sekolah berbasis wirausaha pada Rabu (22/2/ 2017).

Gagasan yang ditawarkan oleh SMK Famuba Lebaksiu adalah membangun pendidikan berbasis Enterpreneur. Ide yang dapat direalisasikan oleh Kepala Sekolah ini langsung diterapkan pada peserta didik.

Menurut Andi Riswandi, S.HI selaku Kepala SMK Famuba Lebaksiu, menjelaskan, di mana ada kerumunan manusai pergerakan ekonomi proses jual beli akan jalan.  Untuk mempertajam minat dan kemampuan wirausahawan perlu ditumbuh-kembangkan melalui proses pembelajaran. Di sinilah letak dan pentingnya pendidikan wirausahawan dalam pendidikan.

2302-jualan-2

“Jika seorang pendidik menginginkan menumbuhkan sikap peserta didik, sudah seharusnya mengetahui bakat yang ada pada peserta didik, keinginan peserta didik, nilai dan pengetahuan yang seharusnya didapat pesera didik, serta lingkungan lain yang kondusif bagi penumbuhan sikap mereka,” tandasnya.

“Keadaan ini sulit dilakukan, tetapi harus diusahakan. Jika kita ingin pendidikan berkembang dan bermanfaat bagi masyarakat, maka kita tidak boleh diam,” imbuhnya.

Apapun hasilnya, menurutnya, pendidik harus berusaha melakukan inovasi proses pendidikan. Perlu disadari, bahwa segala sesuatu membutuhkan proses yang cukup panjang untuk mencapai suatu keberhasilan.

“Membangun pendidikan berrbasis Enterpreneur adalah program unggulan untuk membangun potensi pada para peserta didik SMK Muhammadiyah Lebaksiu kab Tegal, Mengawal program Istimewa,” ungkapnya. (Hendra Apriyadi)