SMAM Mayong Sabet Emas Nasional Lomba Mata Pelajaran Biologi

0
269

PWMJATENG.COM, JEPARA – SMA Muhammadiyah (SMAM) Mayong meraih medali emas tingkat nasional pada Olympiade Ahmad Dahlan (Olympicad) 2019. Prestasi ini tidak disangka bisa didapatkan oleh SMA Muhammadiyah Mayong.

Pasalnya, kegiatan yang dihelat di Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) pada 26-28 Oktober 2019 ini diikuti oleh semua sekolah Muhammadiyah di Indonesia. Medali emas itu diraih oleh Muhammad Fajar Afnizar (XI MIPA) pada mata pelajaran biologi.

Kepala SMA Muhammadiyah Mayong, Hery Totowiyono mengungkapkan, medali emas ini luar biasa, beberapa sekolah lain mengapresiasi hasil yang tersebut. “Apalagi bisa mengalahkan sekolah favorit Muhammadiyah sebut saja SMA SMANDA Surabaya, SMA Muhammadiyah 1 Solo, SMA Muhammadiyah 1 Wonosobo, dan SMA Muhammadiyah 1 Jakarta,” terangnya.
Ini juga prestasi bagi Kabupaten Jepara karena bisa meraih medali emas pada ajang Olympicad.

Sebelumnya belum pernah ada yang meraih prestasi Olympicad tingkat nasional di bidang biologi.
Dirinya berpesan kepada siswa lainnya agar termotivasi untuk meraih prestasi di bidang akademik dan non akademik. Sehingga dapat meraih prestasi diberbagai ajang lomba.

Sementara itu Muhammad Fajar Afnizar tidak menyangka dengan prestasi yang didapatkannya. Sebab ini merupakan kali pertama baginya mengikuti ajang Olympicad pada mata pelajaran biologi. “Tentunya senang dan sempat tidak menyangka bisa juara, Saya berterimakasih kepada semua pihak yang membantu dan mendukung, terutama Bu Dian Ariani yang telah membimbing saya, ” ujarnya.

Pada Olympicad ini SMA Muhammadiyah Mayong mengirim sebanyak 3 siswa. Ketiga siswa tersebut yakni Nikmah Yuniarti (XII MIPA) mata pelajaran Matematika, Dewi Ayu Puji Listari (XII MIPA) mata pelajaran Kimia.

Sebelumnya SMA Muhammadiyah Mayong juga mendapatkan prestasi lainnya yaitu juara 1 pencak silat di Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN), dan juara 1 Olimpiade Siswa Nasional (OSN) cabang mapel astronomi tingkat cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Wilayah II Jawa Tengah. (Nur Mahmudah- Siswi SMA Muhammadiyah Mayong)