SMA Muhammadiyah 4 Kendal Terapkan Metode Mudah Menghafal Alquran

0
1716
Sholat dhuha berjamaah di SMA Muhammadiyah 4 Kendal

PWMJATENG.COM, KENDAL – SMA Muhammadiyah 4 Kendal serius dalam mendidik siswa siswinya terbukti dengan diterapkannya metode mudah menghafal alquran. Metodenya sendiri dilakukan secara bersama -sama setiap pagi hari sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai.

Hal itu di benarkan oleh kepala sekolah SMA Muhammadiyah 4 Kendal, Slamet Purwanto,S.Pd. M.Si. “Mode menghafal di sekolah kami ini merupakan metode yang sangat mudah, apalagi dilakukan secara bersama -sama,” ujar Slamet, Rabu (1/2/2017).

Slamet juga menyampaikan bahwa dengan adanya metode menghafal yang dilaksanakan setiap pagi ini membuat siswa lebih disiplin dalam berangkat sekolah.

“Jarang sekali siswa kami yang terlambat masuk sekolah,” tambah Slamet.

0302-sholat-2

Dengan begitu siswa tidak akan telat mengikuti kegiatan belajar mengajar, karena hafalan Alquran dilaksanakan pada pukul 6.45  7.15 WIB, dari kelas sepuluh sampai kelas dua belas.

Tidak hanya siswa, guru dan karyawanpun mengikuti  kegiatan positif ini, selain sambil mengawasi siswa dalam menghafal, juga bisa di manfaatkan untuk mempertajam hafalan para bapak ibu guru.

“Kami sebagai guru merasakan manfaat kegiatan rutin ini, dan Alhamdulillah hafalannya jadi terasah kembali,” ungkap Dian Rachmawati, S.Pd.I salah satu guru di SMA tersebut.

Sekalipun SMA Muhammadiyah 4 kendal adalah SMA berbasis umum tidak seperti sekolah yang mempunyai basic ke-Islaman lebih banyak, tetapi SMA Muhammadiyah 4 Kendal konsisten untuk menjaga kegiatan ini dengan baik, karena menjaga dan menyampaikan Alquran ke anak  cucu merupakan tugas bagi setiap muslim.

Selain itu, selepas menghafal Alquran di pagi hari, kegiatan ini ditutup dengan sholat dhuha berjamaah. (Dinar Tri Astuti/Mahasiswa PPL STIT Muhammadiyah Kendal)