Siswa siswi SD Muhammadiyah Salatiga Belajar di Pabrik Enting enting Gepuk

0
803

SALATIGA – Kegiatan siswa-siswi kelas 3 SD Muhammadiyah (Plus) Salatiga nampak berbeda dari biasanya, Kamis, 6 Oktober 2016. Sebanyak 140 siswa kelas 3 melaksanakan outing class. Kegiatan outing class merupakan pembelajaran di luar kelas  yang bisa  menambah pengetahuan serta pola pikir siswa. Outing class merupakan media yang  paling  efektif  dan efisien dalam menyampaikan suatu ilmu pelajaran bukan  hanya dari teori saja, kebenaran dan bukti nyata dilapangan perlu kita  ketahui.

Pada kesempatan kali ini mereka belajar di pabrik enting enting gepuk cap dua holo. Pabrik yang letaknya tidak jauh dari sekolah ini memiliki masjid yang bernuansa china, seluruh catnya berwarna merah layaknya klenteng. Di masjid tersebut siswa-siswi melaksanakan salat dhuha dan tadarus. Dijelaskan pula bahwa masjid ini adalah salah satu contoh keragaman budaya Islam.

Dalam pelajaran PKn yang terdapat materi tentang norma, siswa-siswi diberikan tugas untuk mengetahui aturan apa saja yang ada dalam pabrik enting enting tersebut. Untuk pelajaran IPS siswa-siswi dijelaskan mengenai kenampakan alam dan buatan. Dijelaskan pula bahwa pabrik adalah salah satu contoh kenampakan alam buatan.

Setelah proses pembuatan enting enting dimulai, siswa-siswi diajak untuk melihat proses pembuatan. Ada beberapa siswa yang mencoba untuk menggantikan pekerja untuk menggepuk kacang dan membungkus enting enting yang telah siap dikemas. Terlihat kegembiraan siswa-siswi dalam kegiatan yang rutin dilaksanakan tersebut.

“Ruang kelas kami itu luas, karena siswa-siswi dapat belajar di luar ruangan. Salah satunya belajar di pabrik,” ungkap Sekretaris FGM tersebut. Memang belajar tidak boleh terpaku di dalam ruangan saja. Di luar sana masih banyak ilmu yang belum kita ketahui dan perlu kita pelajari. (Endra Gunawan)