Siswa Sekolah Kreatif Diajak PMR Wira SMA 1 Purworejo Jaga Kebersihan

0
748

PWMJATENG.COM, Purworejo – Merupakan program tahunan dari PMR Wira SMA 1 Purworejo mengadakan bakti berupa Anjangsana bersama anak-anak yang kali ini ditempatkan di Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah Bayan Purworejo. Mengambil lokasi di Komplek Perguruan Muhammadiyah Bayan kegiatan ini dari SMA 1 hadir sejumlah 54 siswa dan 1 guru pembimbing yang mana diikuti oleh siswa kelas 2 SD Muhammadiyah Bayan 50an. Dalam anjangsana kali ini diangkat tema “Bersih Tanganku, Sehat Hidupku”. Disampaikan oleh Fadel Abdul Fattah Koordinator kegiatan  bahwasanya agenda ini sebagai ajang berbagi pengetahuan, wawasan dan pelatihan bagi calon anggota PMR sebelum menghadapi menghadapi mendatang.

“Anjangsana ini kami membagikan teknik menyuci tangan secara benar. Dalam teknik ini ada beberapa langkah yang harus dijalani agar tangan kita bersih secara maksimal,” ujar Farid Nurrohman Ketua PMR Angkatan 25, Sabtu (20/5/17).

Lebih lanjut, Farid menjelaskan teknik secara detail yang dimulai dengan membasahi tangan dengan air mengalir dilanjutkan mengusap sabun pada sela-sela jari diawali dengan memasuh ibu jari kemudian keseluruhan jari. Setelahnya semua jari-jari digabungkan dan diusapkan ke telapak tangan dan diakhiri dibilas dengan dengan air mengalir.

“Anjangsana secara rutin diselenggarakan guna mengasah keterampilan siswa. Diselenggarakan di lembaga pendidikan, sosial dan pemasyarakatan seperti sekolah dasar, menengah, panti, Lapas dan lainnya. Sekaligus forum silaturahmi dan mengakrabkan yang semoga bermanfaat bagi calon anggota dan siswa peserta,” ungkap Agus Prasetya Gunawan, S.Pd. Pembina PMR.

Kegiatan ini diikuti secara antusias oleh seluruh siswa. Terpancar keceriaan dari wajah siswa-siswa mendengarkan, memperhatikan dan mengikuti instruksi yang diberikan oleh pemateri.

“Semoga agenda hari ini dapat menambah ilmu pengetahuan siswa yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga dapat ciptakan generasi yang sehat dan cinta kebersihan,” pungkas Krismiyati, S.Pd. Guru Pembimbing. (akhmad musdani)