Siswa SD Muhammadiyah Kutoarjo Belajar Konservasi Lingkungan di Pantai Congot

0
1054
Belajar konservasi lingkungan

PWMJATENG.COM, PURWOREJO – Akhir pekan tidak seperti biasa siswa SD Muhammadiyah Kutoarjo diajak mengenal lebih jauh dan nyata terkait usaha konservasi lingkungan sekitar terkhusus di daerah pinggiran pantai. Adapun tempat yang dipilih yaitu daerah konservasi hutan mangrove yang berada di Kawasan Pantai Congot, Kulon Progo DIY. Kawasan konservasi mangrove ini selain di sekitar pantai ini juga telah dikembangkan pada beberapa sepanjang pantai selatan Wates, Purworejo dan Kebumen. Agenda ini diikuti oleh siswa kelas 5 SD Muhammadiyah Kutoarjo sejumlah 98 siswa.

Bukan sekedar kunjungan wisata biasa tetapi siswa-sisiwi diperkenalkan dan ditunjukkan bentuk konservasi yang dikembangkan di kawasan ini. Pembelajaran dilaksanakan di kawasan Pantai Congot yang merupakan salah satu konvervasi hutan mangrove dan sekaligus sebagai wisata baru yang akhir-akhir ini hutan mangrove ini salah satu alternatif wisata alam yang cukup menarik pengunjung menikmati keindahannya.

1511-belajar-konservasi-2

Dalam pembelajaran kali ini banyak hal yang harus dipelajari terkait fungsi hutan mangrove, efek terhadap lingkungan, bagaimana budidayanya serta macam-macam jenis mangrove. Inilah fokus kajian belajar di luar kelas pada agenda saat ini.

“Harapannya siswa bisa mengerti akan pentingnya pohon mangrove sebagai pengamanan pantai, memahamkan anak akan bahaya limbah di sungai. Sekecil apapun menyadarkan anak akan pentingnya tanaman bagi kelestarian alam dan lingkungannya” ujar Suprayitno, S.Pd.I. selaku Kepala Sekolah.

Setelah kegiatan tersebut dilanjutkan dengan mengunjungi pengolahan susu di Banyuurip. Siswa bisa praktek memerah susu sapi tersebut sekaligus merasakan segarnya susu murni sehat. (ahmad musdani)