Siswa Kelas 4 Nakula SD Muhammadiyah Birrul Walidain Praktik Wawancara

0
103

PWMJATENG.COM, KUDUS – Kegiatan praktik pembelajaran kelas 4 SD Muhammadiyah Birrul Walidain Kudus menerapkan Kurikulum terbaru yaitu Kurikulum 2013 yang memiliki keunikan tersendiri. Fokus praktik pembelajaran di SD ini tidak hanya dilakukan pada siswa kelas bawah saja melainkan kelas atas juga. Salah satu kegiatan praktik yang diterapkan di kelas 4 adalah melakukan wawancara kepada tokoh masyarakat di lingkungan sekitar tempat tinggal.

Wawancara merupakan percakapan antara dua orang atau lebih dan berlangsung antara narasumber dan pewawancara. Tujuan dari wawancara adalah untuk mendapatkan informasi yang tepat dari narasumber yang terpercaya.

Wawancara dilakukan dengan cara penyampaian sejumlah pertanyaan dari pewawancara kepada narasumber. Kegiatan wawancara merupakan sarana bagi siswa untuk melatih kemampuan komunikasinya.

Praktik wawancara ini dilakukan di lingkungan masyarakat dengan bermacam narasumber antara lain Bapak Nashir ketua RT 01 Perumahan Mega Indah; Bapak Roni ketua RT 01 Singocandi; Bu Puput seorang penjual jus di Mlatinorowito gang 10; Bapak Kamal sebagai seorang seniman mewarnai dan menggambar; Bapak Mustofa seorang supervisor teknik PLN Cepu; Bapak Wiwik seorang pegawai Bank Mandiri Jogja; serta yang terakhir Bapak Budi Santoso sebagai seorang wirausaha pembayaran pulsa, BPJS, dan listrik. Secara keseluruhan, responden sangat mengapresiasi kegiatan wawancara ini. Harapannya melalui kegiatan wawancara ini siswa dapat menjadi pribadi yang lebih berani dan tentunya lebih mengenal tokoh masyarakat. (Ina Filasari)