Sinergiskan Perkaderan, Majelis Pendidikan Kader PWM Jateng Audiensi ke UM Magelang

0
506
Dalam rangka membangun sinergi proses perkaderan, Majelis Pendidikan Kader (MPK) Pimpinan Wilayah (PW) Muhammadiyah Jawa Tengah melakukan audiensi dengan Universitas Muhammadiyah Magelang (UM Magelang).

MAGELANG – Dalam rangka membangun sinergi proses perkaderan, Majelis Pendidikan Kader (MPK) Pimpinan Wilayah (PW) Muhammadiyah Jawa Tengah melakukan audiensi dengan Universitas Muhammadiyah Magelang (UM Magelang). Dalam audiensi tersebut dari pihak MPK PW Muhammadiyah Jawa Tengah hadir antara lain Ketua Drs. Sugiyono,  M.Si, Wakil Ketua Hammam Sanadi, M.Pd, Wakil Ketua Drs.Jumari, Sekretaris M. Zuhron Arofi, M.PdI dan Anggota Handy Setiyo Nugroho, SHI.

Kedatangan MPK diterima oleh Rektor UM Magelang Ir. Eko Muh Widodo, MT dan Wakil Rektor II Nuryanto, ST, M.Kom. Audiensi dilaksanakan di Gedung Rektorat Kampus II UM Magelang Jalan Mayjend Bambang Soegeng Km 5 Mertoyudan Kabupaten Magelang, Senin (03/10/2016).

Ketua MPK PW Muhammadiyah Jawa Tengah Drs. Sugiyono, M.Si dalam kesempatan tersebut menjelaskan bahwa keberadaan MPK memiliki posisi dan peran yang strategis dalam proses kaderisasi di Persyarikatan Muhammadiyah. Kaderisasi dalam sebuah organisasi akan berpengaruh pada kemampuan organisasi tersebut dalam menjalankan peran, fungsi dan pengabdiannya di tengah-tengah masyarakat. “ Muhammadiyah sebagai sebuah organisasi memberikan perhatian khusus pada proses perkaderan, semua elemen dalam Muhammadiyah perlu saling bekerjasama dalam mendukung keberhasilan dari proses perkaderan, termasuk dalam hal ini perguruan tinggi “ katanya.

Drs. Sugiyono, M.Si menambahkan bahwa Musyawarah Wilayah (Musywil) Muhammadiyah di Kudus beberapa waktu yang lau telah memutuskan UM Magelang dan Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Temanggung sebagai AUM yang memfasilitasi kegiatan MPK PW Muhammadiyah Jawa Tengah.

Rektor UM Magelang Ir. Eko Muh Widodo, MT menjelaskan bahwa pihaknya akan memberikan dukungan kepada MPK PW Muhammadiyah Jawa Tengah dalam melaksanakan program-programnya. Program-program MPK seperti rencana pendirian Program Diploma 1  Al-Islam Kemuhammadiyahan di perguruan tinggi merupakan program yang perlu mendapat apresiasi dan dukungan dari semua pihak. “UM Magelang siap menjadi perguruan tinggi yang menjalankan program Diploma 1 tersebut” katanya.

Ir.Eko Muh Widodo, MT menambahkan bahwa Perguruan Tinggi Muhammadiyah memang sudah seharusnya mampu melahirkan kader-kader yang siap diterjunkan di masyarakat. Dengan adanya kerjasama dan sinergi antara UM Magelang dengan MPK PW Muhammadiyah Jawa Tengah, maka diharapakan akan muncul kader-kader yang berkualitas khususnya dalam aspek keislaman maupun kemuhammadiyahan.

Seperti diberitakan sebelumnya, pada Bulan Juni 2016 yang lalu MPK PW Muhammadiyah Jawa Tengah telah melaksanakan Pesantren Ramadhan yang diikuti oleh perwakilan unsur Angkatan Muda Muhammadiyah dari kabupaten/kota se- Jawa Tengah. Kemudian dilanjutkan dengan Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) yang diikuti oleh MPK Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyah se-Jawa Tengah, kedua kegiatan tersebut bertempat di UM Magelang. (handy)