Siapkan Siswa Kenal Dunia Usaha dan Industri, SMK Muhammadiyah Purworejo Kunjungi PT Sritex Sukoharjo

0
1190

PWMJATENG.COM, Purworejo  – Langkah strategis ditempuh dalam rangka memperluas pengetahuan siswa dalam lingkungan dunia kerja, SMK Muhammadiyah Purworejo melakukan kunjungan industri ke PT Sri Rejeki Isman Tbk (Sritex). Perusahaan ini merupakan perusahaan tekstil terbesar di Asia Tenggara yang telah memasok seragam militer pada lebih dari 32 negara dan seragam serta pakaian ke beberapa negara di luar negeri. Disampaikan Estina Arum Sari, S.Pd. selaku Bidang Humas dan Hubin SMK Muhammadiyah Purworejo bahwasanya kunjungan industri ini diikuti oleh 62 siswa/siswi SMK Muhammadiyah Purworejo dan didampingi oleh beberapa guru pembimbing.

“Kunjungan ini dimaksudkan untuk mendorong siswa agar mempunyai minat bekerja di perusahaan, memberikan informasi tentang cara kerja dan tenaga kerja perusahaan, mendorong siswa agar mempunyai rasa kedisiplinan dan tanggung jawab serta membantu siswa untuk mendapatkan gambaran tentang dunia usaha secara nyata,”ungkapnya, (27/10/17).

Ditambahkannya, dalam sejarah singkat mengenai PT Sri Rejeki Isman Tbk (Sritex), bahwa perusahaan ini didirikan pada tahun 1966 oleh H. M. Lukminto yang awalnya hanya seorang pedagang pakaian di pasar klewer. Dengan keuntungan yang dimiliki, pada tahun 1968, Lukminto membangun pabrik tekstil di Sukoharjo Jawa Tengah ini. Kemudian pada tahun 1982, Sritex mendirikan pabrik Weaving dan 10 tahun kemudian pada tahun 1992 perusahaan memperbesar pabrik serta mulai mengadakan produksi besar-besaran. Perusahaan memproduksi pakaian militer untuk kebutuhan TNI, POLRI  dan PNS. Tahun 1994, Sritex mulai mengerjakan seragam pesanan pasukan negara-negara di bawah North Atlantic Treaty Organization (NATO). Perusahaan telah mengantongi sertifikat dari organisasi pakta pertahanan Atlantik Utara itu. Pesanan dari negara lain pun berdatangan. Sritex lolos dari krisis ekonomi tahun 1998. Sehingga bisnis mereka makin berkembang hingga tujuh kali lipat dibandingkan pada tahun 1992.

“Selain itu kunjungan industri dapat bermanfaat juga bagi sekolah guna memberikan akses kerja sama dengan dunia usaha dan industri dan juga memperkenalkan sekolah kepada dunia usaha dan industri. Dalam hal ini PT Sri Rejeki Isman Tbk (Sritex). Sehingga dengan adanya kerja sama ini nantinya sekolah akan mendapatkan akses menyalurkan lulusannya,”kata Estina Arum Sari, S.Pd. selaku Bidang Humas dan Hubin SMK Muhammadiyah Purworejo. (akhmad musdani)