Siapkan Kader Berkualitas, PDNA Kendal Gelar DANA II dan PMNA

0
75
PENYAMPAIAN MATERI.Sekretaris Majelis Tarjih dan Tajdid, Ustadz H. Drajat saat menyampaikan materi di hadapan peserta DANA II PD NA Kendal (foto dok dyah)

PWMJATENG.COM, KENDAL – Profil kader Nasyiatul Aisyiyah adalah mereka yang mampu menggerakkkan organisasi, mengamalkan ajaran Islam dengan sungguh-sungguh, menjadi pelopor, pelangsung dan penyempurna Amal Usaha Muhammadiyah, dan mampu menjadi kader ummat, dan kader bangsa. Kader NA juga mampu sebagai suluh di tengah-tengah masyarakat.

Hal di atas sedang dalam proses PDNA Kendal melalui gelaran pengkaderan formal Darul Arqam (DANA) ke II dan Pelatihan Mubalighat Nasyiatul Aisyiyah (PMNA) yang berlangsung di Riverwalk Boja (19-20/10).

Ketua panitia, Khairul Ummah mengatakan, kegiatan diikuti oleh 250 peserta. “Mereka adalah utusan dari PCNA se Kab.Kendal, dan terbagi dalam dua kegiatan yang berbeda. Sebagian mengikuti DANA 2, dan lainnya konsentrasi di PMNA” katanya.

Dikatakannya, DANA II sebagai sistem pengkaderan jenjang ke dua yang sebelumnya mereka para peserta telah mengikuti DANA I. “Mereka setelah mengikuti DANA II diharapkan menjadi kader NA yang militan, sadar dan kritis terhadap kondisi sosial masyarakat, dan mengenal terhadap gerakan NA di tingkat pimpinan”.

Sedangkan Pelatihan Mubalighat NA memiliki tujuan, mereka siap beramar ma’ruf nahi mungkar di tengah-tengah anggota NA dan masyarakat. “Masyarakat butuh suluh agar tercerahkan. Masyarakat butuh bimbingan dan pengertian hakekat Islam agar jalan yang dilalui di dunia adalah jalan yang benar yang akan mengantarkan kebahagiaan di akhirat” ujarnya.

Senada dengan ketua panitia, ketua PDNA Kendal, Elliana Eka Hutami berharap setelah kedua kegiatan tersebut terlaksana akan lahir para kader yang berakhlak mulia, memiliki kesadaran yang menempatkan dirinya sebagai kader organisasi dan siap terjun di masyarakat sebagai pendakwah yang mumpuni, pencerah masyarakat di Kendal. “Kader NA menggerakkan roda organisasi melalui berbagai bidang kegiatan dan mampu sebagai pencerah masyarakat” katanya.

Sedangkan wakil sekretaris PDM Kendal, H. Moh. Antono berharap kedua kegiatan tersebut berkesinambungan sehingga di NA terdapat kader penggerak organisasi dan kader pencerah ummat. “Apapun profesi anggota dan pimpinan NA, seluruh anggota NA memiliki kebiasaan bertahajut,tadarus Al qur’an, Shadakah dan do’a” pintanya.

Menyinggung tentang ekonomi, Antono menilai NA Kendal telah memiliki salah satu landasan yang kuat sebagai alat perjuangan dakwah.”Keberadaan Badan Usaha Amal Usaha Nasyiatul Aisyiyah (Buana) sangat bagus sebagai usaha untuk meningkatkan kesejahteraan anggota” ungkapnya. Beliau berharap BUANA ada di seluruh PCNA se Kab.Kendal.

Kegiatan DANA II dan PMNA menghadirkan sejumlah nara sumber yang berkompeten di bidangnya, diantaranya adalah sekreteris Majelis Tarjih dan Tajdid PDM Kendal, Ustadz Drajat yang menyampaikan materi Social Movement dan Implementasinya dalam QS Al Ma’un. Sedangkan sekretaris PDA Kendal, Hj.Endang Nurani menyempaikan materi Manajemen Organisasi Nasyiatul Aisyiyah, Dyah Pikanti dari PPNA menyajikan tentang Analisis dan Problem Solving.

Sedangkan kegiatan PMNA materinya pengantar ilmu manajemen dakwah menghadirkan Eliani Palevi. Beliau juga menyampaikan materi Teknik Berdakwah berbasis Multimedia. (Dyah/MPI Kendal)