Semarakkan Milad Aisyiyah, PDA Pekalongan Gelar Safari KB

0
1054

PWMJATENG.COM, PEKALONGAN – Emansipasi wanita yang telah diperjuangkan oleh sang pahlawan wanita Ra Kartini telah mengantarkan perempuan Indonesia menjadi pribadi yang mandiri, tangguh dan berwawasan. Aisyiyah adalah wujud nyata dari hasil perjuangan Kartini, menjadi wadah organisasi perempuan warga Muhammadiyah dan turut serta dalam perjuangan amar ma’ruf nahi munkar.

Menyambut Milad Aisyiyah pada bulan Mei mendatang, Aisyiyah menyelenggarakan bulan bakti sosial pada bulan April di mana momentnya bertepatan dengan peringatan hari Kartini sang pejuang emansipasi wanita. Aisyiyah bekerja sama dengan STIKES Muhammadiyah Pekajangan, RSI Muhammadiyah dan RSIA Aisyiyah Pekajangan serta Kepala Dinas PMD, PPPA, PPKB Kab.Pekalongan menyelenggarakan safari KB di 18 kecamatan. Pelaksanaan safari KB diselenggarakan secara bertahap mulai 12 April- 27 April 2017.

Secara wilayah safari KB dibagi menjadi wilayah utara bertempat di Klinik Pratama Aisyiyah Wiradesa pada tanggal 19 April dan wilayah selatan bertempat di kampus 1 STIKES Muhammadiyah Pekajangan yang menjadi acara puncak dan turut hadir pula dari BKKBN Prov.Jateng Kabid KB KIE Prov.Jateng dan PPPA Dalduk KB Prov.Jateng pada tanggal 26 April. Khusus untuk wilayah pegunungan safari diselenggarakan dengan mendatangi langsung, seperti pada kecamatan Lebakbarang, Perungkriyono, Paninggaran dan Kecamatan Kandangserang sebagai penutup dari kegiatan safari KB tanggal 27 April.

“Safari KB ini masuk program kerja majelis Kesehatan, Kesos dan LLHPB dalam rangka menyambut milad Aisyiyah ke-100 Miladiyah dan ke-103 Hijriyah sekaligus juga dalam rangka peringatan hari Kartini sang pejuang emansipasi waniya” jelas Rumainur, S.Pd Ketua PDA Kab.Pekalongan

Keluarga berencana merupakan salah satu program pemerintah dalam mewujudkan masyarakat yabg sejahtera melalui pengaturan jarak kelahiran anak dengan alat kontrasepsi. Pada kegiatan safari KB melayon pemasangan KB Implan, IUD dan MOW. Total keseluruhan aseptor mencapai 404 PUS dari 18 Kecamatan.

“Melalui kegiatan safari KB ini harpannya bisa benarcbenar terselenggara program KB sehingga akan tercapai kesejahteraan pada masyarakat dan khususnya adalah warga masyarakat Pekalongan” tutur Endang Purnomo Retno dari Kabid KB KIE Prov.Jateng

Mokhammad Arifin, S.Kpn, M.Kep selaku ketua STIKES Muhammadiyah pekajangan menegaskan bahwasanya STIKES sebagai institusi kesehatan seudah seharusnya ikut serta dlama kegiatan yang berhubungan dengan kesehatan dan kemaslahatan bersama, seperti pada kegiatan safari KB kali ini STIKES senang bisa ikut berkerjasama dengan menyertakan dosen dan mahasiswa, dimana pada dasarnya kegiatan semacam lengabdian masyarakat ini juga menjadi tridarma perguruan tinggi.

“Saya senang sekali bisa ikut serta dlama kegiatan safari KB dikampus, kan saya jadi bisa lihat langaung pemasangan alat kontrasepsi dan juga bisa ikut praktek langsung” ujar Arista Mahasiswa Kebidanan.

Selama menjalin safari KB banyak ibu-ibu yang mengajak anaknya ikut serta, memikirkan hal ini pihak STIKES juga menyediakan tempat bermain khusus untuk anak-anak dan mengerahkan mahasiswanya untuk membantu menjagakan anak-anak.

“Saya baru pertama ikut kegiatan semacam ini, dan saya senang karena jadi bisa jalan-jalan juga dan dapat snack serta uang saku dan uang ganti transport daro Aisyiyah, anak saya juga tado dijagain bermain sama mba-mba mahasiswa sewaktu saya pasang implan” tutur Maryati aseptor dari Kajen. (MPI Pekalongan)