Sekolah Teladan SD Muhammadiyah Kemiri Purworejo Biasakan siswa Hidup Sehat

0
634
Sekolah Teladan SD Muhammadiyah Kemiri Purworejo mengadakan sosialisasi dan penyuluhan terkait Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang diikuti oleh seluruh siswa didampingi oleh guru pendamping, Sabtu (19/11/16).

PWMJATENG.COM, PURWOREJO – Pembiasaan hidup bersih dan sehat perlu ditumbuhkan dan dibiasakan sejak dini agar ter-mindset tertanam membekas dalam diri anak secara kuat serta menjadi karakter diri anak.

Dalam rangka hal tersebut, Sekolah Teladan SD Muhammadiyah Kemiri Purworejo mengadakan sosialisasi dan penyuluhan terkait Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang diikuti oleh seluruh siswa didampingi oleh guru pendamping, Sabtu (19/11/16).

1911-periksa

Sosialisasi dan penyuluhan dalam hal ini disampaikan oleh UPT Dinas Kesehatan Kec.Kemiri dengan petugas yang bertugas yaitu Ibu Murtiningsih dan Pak Purwanto. Materi yang disampaikan kali ini terfokus pada kesehatan gigi dan perut Dalam kesempatan ini pula dirangkai sekaligus dengan imunisasi dilanjutkan pemeriksanaan dokter sekolah untuk laporan raport semester ganjil.

“Program sekolah yang dipadu dengan program pemerintah lewat puskesmasberupa PHBS (perilaku hidup bersih dan sehat) terutama di sekolah. Cek kesehatan, pemeriksaan kesehatan umum anak dan lainnya merupakan program rutin tiap semester. Nantinya akan dilaporkan dengan raport kesehatan. Adapun program pemerintah melalui puskesmas yaitu penyuluhan dan imunisasi untuk siswa baru. Diharapkan dapat memantau kesehatan anak secara mendetail” ujar Widi Hastomo selaku Kepala Sekolah.

Materi dikemas dengan menarik karena disampaiakn untuk siswa sekolah dasar. Penekanan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di sekolah dengan fokus pada kesehatan gigi dan penyakit menular (diare) serta pencegahannya.  Untuk pemeriksanaan umum dilakukan oleh dokter sekolah, dr. Amni Khotimah. Rangkaian agenda ini dilaksanakan di komplek Masjid Sekolah Teladan SD Muhammadiyah Kemiri. (akhmad musdani)