Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah, Wujudkan Wajah Sekolah Nyaman lewat Jumat Bersih

0
588

PWMJATENG.COM, PURWOREJO – Seluruh siswa, guru, dan karyawan Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah bersama-sama melakukan program Jumat bersih. Program ini diwujudkan dengan kegiatan bersih-bersih lingkungan sekitar sekolah. Kegiatan dimulai setelah siswa mengaji dan mengerjakan latihan pagi.

Diungkapkan oleh Kepala Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah Bayan mengungkapkan bahwasanya program tersebut sebagai bentuk pembelajaran kepedulian bagi seluruh warga sekolah dengan kebersihan pada lingkungan sekitarnya.

“Proram Jumat Bersih ini mengandung maksud untuk melatih seluruh warga sekolah supaya peduli kebersihan sekolah. Selain itu juga supaya wajah sekolah ini lebih nyaman untuk dipandang” ujar Ahmad Darusman, S.Pd. selaku Kepala Sekolah, Ahad (22/1/2017).

Program Jumat Bersih ini diawali dengan mengambil sampah-sampah kecil terlebih dahulu dan dikumpulkan ke tempat sampah. Beberapa siswa juga berbagi tugas untuk bergantian membuang sampah dari tempat sampah. Selain mengambil sampah, siswa dan guru juga menyapu beberapa tempat di sekolah yang sekiranya perlu untuk dibersihkan.  Kegaitan ini cukup dilakukan selama 10 menit dengan efektif.

Pihak sekolah mengharapkan kegiatan ini bisa istiqamah dilakukan setiap minggunya untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan wajah sekolah. Selain itu diharapkan juga bagi siswa, guru dan karyawan untuk selalu menjaga kebersihan walaupun sedang tidak menjalankan program Jumat bersih.  (Ed.Akhmad-Prwjo)

Kontributor : (Sylvia Anggraeni, Guru Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah Bayan)