Sekolah Kreatif Bangun Generasi Cerdas, Kreatif dan Peduli Lingkungan

0
1056

PWMJATENG.COM, PURWOREJO – Pesatnya perkembangan IPTEK hingga saat ini telah mengantarkan umat manusia ke era kompetisi global dalam berbagai bidang pengetahuan. Situasi demikian menuntut kita agar segera berbenah diri dan sekaligus menyusun langkah utama dalam membangun masa depan. Untuk itulah Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah Bayan mengambil lokasi di Komplek Perguruan Muhammadiyah Bayan menyelenggarakan Lomba Kreasi Anak Hebat. Dengan mengangkat tema “Membangun Generasi Cerdas, Kreatif dan Peduli Lingkungan”, perlombaan kali ini diikuti kurang lebih 500an siswa-siswi PAUD dan TK se-Kabupaten Purworejo beserta guru dan wali siswa pendampingnya.

0402-lomba pur-20402-lomba pur-3

“Agenda Lomba Kreasi Anak Hebat kali ini merupakan dalam rangka ajang kompetisi dan bersilaturahmi siswa-siswi TK/KB se-Kabupaten Purworejo. Merupakan penyelenggaraan yang ketiga kalinya. Semoga dapat mendorong siswa-siswi menjadi anak yang hebat. Anak hebat itu anak yang rajin shalat, rajin mengaji, akhlaknya bagus dan berbakti kepada kedua orang tua” ungkap Ahmad Darusman, S.Pd. selaku Kepala Sekolah dalam sambutan sekaligus pembukaan agenda, Sabtu (4/2/2017).

Adapun perlombaan yang diselenggarakan yaitu Lomba Menyanyi untuk tingkat KB/PAUD dan TK, Lomba Mewarnai tingkat KB/PAUD dan TK. Beberapa macam perlombaan tersebut guna menumbuhkan jiwa sportif siswa, melatih kecerdasan siswa melalui jalur non akademik seperti seni dan budaya, menumbuhkan jiwa peduli terhadap lingkungannya serta turut mensosialisasikan Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah Bayan pada masyarakat umumnya.

0402-LOMBA PUR-4

Perlombaan dibuka secara simbolis sekaligus sambutan kepala sekolah. Acara pendukung yang dilaksanakan dengan beberapa performance dari siswa-siswi TK ABA Bayan, KB ABA Bayan, SD Muhammadiyah Bayan dan SMP Muhammadiyah Jono Bayan berupa hafalan surat juz amma, marching band, tari kelompok, solo vocal, apresiasi puisi, pembacaan macapat dan seni bela diri tapa suci. Ditampilkan di sela-sela agenda utama. Juga seperti tahun-tahun sebelumnya ada penampilan dongeng oleh Kak Bimo yang memberikan hiburan yang menarik, lucu dan penuh hikmah di balik kisah tragedi pertolongan Allah terhadap Ka`bah dari serangan pasukan gajah Raja Abraham.

Setelah diselesaikan perlombaan dan rekapitulasi penilaian dewan juri, didapatkan kejuaraan sebagai berikut untuk Lomba Menyanyi : juara 1 Areta Hana Septianggita dan juara 2 Hayuning Lintang Kinasih dari TK ABA 1 Kutoarjo, juara 3 Aksa Byakta dari TK ABA 3 Kutoarjo, Harapan 1 Raidah Qanita Nisrina dan harapan 2 Nabil Avisa Auberta dari TK Negeri Pembina serta harapan 3 Darisha Lutfiana dari TK ABA 3 Kutoarjo.

Adapun Lomba Mewarnai untuk tingkat TK; juara 1 Husna Syafiqoh Abdilah dari TK ABA Kemiri, juara Nasywa Azaria Zada, juara 3 Elysia Ananda dari TK Batik Perbaik Purworejo, harapan 1 Marsya Aulia dari TK Negeri Pembina Sucen, harapan 2 Rafa Ilham dari TK Batik Perbaik Purworejo dan harapan 3 Yonatim Oivia Sinta Dewi dari TK Mutiara Purworejo. sedangkan untuk lomba mewarnai tingkat KB yaitu juara AAtha Prayudha dari KB Batik Perbaitk Purworejo, juara 2 Shella Putri, juara 3 Ayunda Putri Andini dari KB Mawar Putih, harapan 1 Syauqi Latief dan harapan 2 Qaiz Ibnu Rahmat dari KB Aisyiyah Bayan dan harapan 3 Adinda Putri Adine dari KB Mawar Putih.

“Setiap juara mendapatkan tropi kejuaraan dan sertifikat kejuaraan serta uang pembinaan. Semoga semakin memacu siswa-siswi berkompetisi dalam banyak hal lainnya serta lembaga pendidikan ini semakin dikenal banyak piha” ujar Asrofie Wahyu Mahendra, S.Pd. Ketua Panitia.

Agenda sukses terlaksana berkat dukungan dari semua pihak baik dari internal Muhammadiyah dan seluruh elemen eksternal yang memberikan sumbangsih baik materil dan moril. (Akhmad-Purworejo).