SD Muhammadiyah Unggulan Purwodadi Kenalkan Pewarna Alami Kepada Siswa

0
452

PWMJATENG.COM, Purworejo (9/11/16) Kegiatan di luar kelas dengan praktik langsung salah satu strategi pembelajaran efektif dan menyenangkan yang menjadi program unggulan SD Muhammadiyah Unggulan (SDMU) Purwodadi Purworejo. Berbagai macam bentuk pembelajaran ini selalu dinantikan oleh siswa-siswi. Seperti pada selasa(8/11) awal pekan ini. Hari yang selalu dinantikan oleh siswa-siswi kelas 2 SD Muhammadiyah Unggulan (SDMU) Purwodadi Purworejo. Sekolah yang berdiri pada tahun 2015 itu saat ini memiliki 2 kelas, dengan murid sebanyak 48 anak. Kegiatan belajar para murid SDMU berada di Komplek Masjid At-Taqwa Purwodadi Purworejo.

“Pembelajaran direncanakan para siswa untuk belajar di luar kelas. Pada mata pelajaran Seni Budaya dan Ketrampilan (SBK) yang diampu oleh Munafsiyah, S.S.selaku guru kelas dengan kegiatan membuat pewarna dari alam. Alam menyediakan bahan sebagai pewarna. Sebagai contoh, kunir itu merupakan bahan pewarna kuning. Daun jati untuk warna merah. Materi pelajaran tersebut telah disampaikan pada pertemuan minggu sebelumnya” ujar Agus Amin Fadillah, selaku Kepala Sekolah.

Siswa-siswi dibentuk dalam 4 kelompok yang dibentuk menyebar, memilih tempat sesuai kesepakatan masing-masing. Kreativitas dan kerjasama dari anggota kelompok didorong dengan penuh semangat oleh para guru pendamping. Penjelasan singkat dari guru kelas langsung ditindaklanjuti oleh anak-anak dengan kerja nyata yang penuh keceriaan. Hasil kerja mereka akhirnya dikumpulkan. Kebanggaan pun nampak dari raut wajah mereka. Seolah mereka ingin berucap bahwa kami bisa. Apa yang dijelaskan di dalam kelas, menjadi lebih jelas setelah dipraktikkan di luar kelas.

“Sukses untuk siswa-siswi kelas 2 SD Muhammadiyah Unggulan (SDMU);Purwodadi Purworejo” harapnya.

Kegiatan diakhiri dengan penyampaian kesimpulan dan evaluasi oleh guru kelas. Keceriaan yang terasa hangat di bawah terik matahari ditutup dengan berfoto bersama.