SD Muhammadiyah (Plus) Salatiga Tanamkan Nilai Kepahlawanan

0
719

PWMJATENG.COM, Salatiga – Taman Makam Pahlawan Salatiga sangat ramai oleh anak-anak yang menggunakan kostum bertema pahlawan. Iya, hari ini tanggal 9 November 2016 Siswa-siswi SD Muhuhammadiyah (Plus) Kota Salatiga sedang berkumpul di taman makam pahlawan Salatiga untuk memperingati hari pahlawan yang jatuh pada 10 November 2016. Acara ini memang sengaja dilaksanakan di taman makam pahlawan salatiga dengan tujuannya untuk mengenalkan anak-anak pada sosok-sosok pembela kemerdekaan yang telah gugur di medan perang.

Kegiatan dimulai dengan apel pagi dengan khitmat. Sutomo, selaku pembina apel menyampaikan, “kita sebagai generasi penerus bangsa harus mengenang jasa para pahlawan yang rela berjuang dan berkorban nyawa membela kemerdekaan. Jika kalian ingin menjadi pahlawan untuk bangsa ini, maka berprestasilah di even internasional,” ungkap penerima short course dari Kementrian Pendidikan tersebut.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian materi yang mengenai sejarah para pahlawan, kegiatan tersebut dilakukan sambil berkeliling melihat makam-makam. Beberapa guru pembimbing mengajak siswa-siswi sejenak berhenti di pinggiran makam untuk berdoa. Kegiatan ditutup dengan hiburan, yaitu pemilihan kostum terbaik dari para siswa.

Seluruh siswa nampak antusias dengan kegiatan yang dilakukan ini, terbukti dengan berbagai macam kostum yang dikenakan oleh siswa-siswi. Aura salah satu siswa yang memakai kostum petani mengungkapkan, “Petani itu pahlawan, kalau tidak ada petani kita tidak bisa makan,” ungkap siswi kelas 5 tersebut dengan polosnya.