SD Muhammadiyah (Plus) Salatiga Siapkan Ekstra Panahan

0
1169

PWMJATENG.COM, SALATIGA – Untuk lebih menunjang kesempatan siswa dalam berprestasi, kini SD Muhammadiyah (Plus) Salatiga menambah bidang ekstrakulikulernya yaitu olahraga panahan. Tepatnya Sabtu (10/12/2016), Kepala SD Muhammadiyah (Plus) Salatiga melaunching ekstra panahan. Ekstra panahan diadakan setelah melalui beberapa rapat dengan kepala urusan kesiswaan.

Merujuk pada hadist Nabi Muhammad SAW, yaitu “Ajarkan putera-puteramu berenang dan memanah.” Dalam olahraga memanah ada beberapa poin penting yang dapat dipelajari siswa.

Memanah melatih emosi untuk menempatkan ‘target’ pada satu sasaran. Jika emosi kita terganggu, sudah pasti target akan mudah melenceng. Secara tidak langsung olahraga ini melatih kita untuk belajar tenang dan mengendalikan emosi. Seseorang yang tidak tenang, gugup, pemarah, kurang sabar bukanlah seorang pemanah yang baik.

Memanah juga sangat menitikberatkan keseimbangan tubuh. Pada saat melenturkan anak panah di busurnya, kemudian melepaskannya perlu ada kekuatan fisik. Olahraga ini juga dapat membangun fokus dan konsentrasi dalam menyemai rasa tanggung jawab dan disiplin diri, meningkatkan jati diri dan keyakinan pribadi. Orang yang memiliki banyak karakter pribadi seperti ini InsyaAllah akan mudah melewati segala rintangan dalam hidupnya.

Kepala SD Muhammadiyah (Plus) Salatiga, penerima Satya Lencana  Pendidikan menyatakan, “Ekstra ini kami adakan untuk menunjang pendidikan yang ada di sekolah. Harpannya siswa dapat lebih fokus dalam belajar dan karakter anak dapat terbentuk dengan lebih baik,” ungkap Kepala Berprestasi Tingkat Nasional tersebut.

Disampaikan pula bahwa ekstra panahan ini akan mulai dilaksanakan pada semester dua. Ekstra yang rencananya akan diperuntukkan untuk kelas 4 dan 5.