SD Muhammadiyah (Plus) Kota Salatiga Menggelar Perkemahan Sabtu-Minggu Pandu Hizbul Wathan

0
1476

SALATIGA – SD Muhammadiyah (Plus) Kota Salatiga selama dua hari menggelar perkemahan Sabtu-Minggu Pandu Hizbul Wathan untuk tingkat Athfal Melati di area Java, Muncul (24-25 September 2016). Kemah diikuti oleh 120 peserta yang terdiri atas murid kelas 5 tersebut, dibuka oleh kepala SD Muhammadiyah(Plus) Kota Salatiga yang menekankan pentingnya kecerdasaan sosial dalam menjalin hubungan antar teman.

“Kader Hizbul Wathan adalah kader yang cinta tanah air, peduli sesama, dan berakhalak mulia. Jangan lupa menikmati kegiatan ini dan selalu utamakan kerjasama antar pandu,” tandas Sekretaris Forum Guru Muhammadiyah Jawa Tengah tersebut.

Selama pelaksanaan kemah, para peserta dibekali tentang pentingnya menjadi pelajar yang berkarakter disiplin dan ikhlas dalam menjalankan tugasnya. Selain itu, para murid ditanamkan nilai-nilai nasionalisme dan bela negara dengan menggali pentingnya menjaga kesatuan dan persatuan NKRI dengan spirit perjuangan, pantang menyerah dan rela berkorban. Adapun materi kegiatan kemah terdiri atas leadership atau kepemimpinan, life skill (kecakapan hidup), nasionalisme, Al Islam, dan empon empon.

Acara dikemas berbagai bentuk kegiatan seperti outbound fun, renungan malam, dan materi pokok kepanduan seperti tali temali, PBB dan permainan. Kegiatan perkemahan Sabtu-Minggu Kepanduan Hizbul Wathan untuk tingkat Athfal Melati 1 merupakan program rutin tahunan sekolah sekaligus komitmen sekolah untuk menyeimbangkan tiga ranah kemampuan peserta didik. (Kontributor : Endra Gunawan)