SD Muhammadiyah Birrul Walidain Kudus Bangun Karakter Siswa Kelas 4 Lewat Kunjungan Museum

0
174

PWMJATENG.COM, KUDUS – Dalam masa jeda UTS/PTS, SD Muhammadiyah Birrul Walidain Kudus melaksanakan kegiatan Outing Class untuk siswa kelas 4 ke Museum Jenang dan Museum Kretek (24/09). Kegiatan ini diikuti sejumlah 56 siswa.

Kunjungan pertama ke Museum Jenang Mubarok Kudus. Di museum ini siswa belajar mengenai jenang. Terlihat jelas para siswa asyik mengamati miniatur tentang kisah Kudus tempo doeloe awal adanya pembuatan jenang. Tidak hanya itu, siswa juga mengamati suasana komplek Masjid Menara dan makam Sunan Kudus yang tersusun rapi di dalam maket dan sebuah kitab Alquran besar di sampingnya. Kemudian di museum ini juga terdapat miniatur rumah kembar, miniatur rumah kapal, serta beberapa koleksi lainnya.

Kunjungan kedua yaitu Museum Kretek. Para siswa dapat melihat berbagai peralatan tradisional untuk membuat rokok kretek dan klobot, juga sarana-sarana promosi yang digunakan pada masa itu. Ada juga diorama yang menggambarkan mulai dari proses penanaman bahan baku (tembakau, cengkeh, dan klobot jagung) hingga pengolahannya menjadi rokok kretek dan klobot dengan cara tradisional dan modern. Di museum ini juga terdapat berbagai informasi mengenai sejarah rokok kretek serta tokoh-tokoh yang berjasa di dalam perkembangan industri rokok kretek di Indonesia. Bisa dikatakan bila museum ini sebagai tempat rekonstruksi sejarah rokok kretek dari era tradisional hingga era modern.

Menurut Jamaluddin Kamal, S.Pd.I. selaku kepala sekolah, museum lebih dari pada sekadar tempat penyelamatan, penyimpanan, dan pemajangan warisan sejarah bangsa masa silam, tetapi juga sekaligus berperan ke arah peningkatan kehidupan bangsa yang lebih cerdas dengan kepribadian yang karakter. Harapannya dengan siswa berkunjung ke museum dapat bertambah pengetahuannya serta lebih cinta lagi dengan budaya. (Ina Filasari)