SAR MDMC Karanganyar Evakuasi Korban Meninggal di Gunung Lawu

0
511

PWMJATENG.COM, KARANGANYAR – Salah satu dari sekian pendaki Gunung Lawu SL (55) warga Sidomulyo RT 03/09 Dawung Matesih Karanganyar ditemukan meninggal dunia Selasa (22/08) di lokasi lereng Hargo Dumilah yang masuk wilayah Kabupaten Magetan Jawa Timur. Evakuasi korban dilakukan selasa sore dalam operasi SAR evakuasi korban melibatkan berbagai unsur termasuk enam orang personil SAR dari MDMC Karangananyar beserta satu unit ambulance.

Sebagaimana informasi yang disampaikan Irwan Prayudi anggota SAR MDMC LPB Muhammadiyah Karanganyar, berdasar laporan pada pos induk pengamanan pendakian di Cemoro Sewu melaporkan jika petugas pantau pos 5 puncak Hargo Dalem melaporkan penemuan jenazah. Identitas tertinggal di pos masuk Cemoro Kandang adalah SL (55) warga Sidomulyo, Matesih, Karanganyar, Jawa Tengah.

Dalam evakuasi ini SAR MDMC Karanganyar tergabung bersama dengan Basarnas Pos SAR Trenggalek, BPBD Kabupaten Magetan, PGL, AGL, Polsek Tawangmangu, Perhutani, Koramil Plaosan dan kekuatan SAR lainya. Penemuan mayat pendaki yang berlokasi di puncak lawu sekitaran Hargo Dalem dilakukan evakuasi mulai pukul 14.51 WIB dengan cara dibawa secara estafet pos per pos. Jenazah korban sampai di pos induk Cemoro Sewu Kabupaten Magetan pukul 17.00 WIB.

Selanjutnya dilakukan otopsi oleh tim Inafis dan Dinas Kesehatan, dari hasil pengecekan menurut Irwan Prayudi tidak ditemukan tanda-tanda penganiayaan. “Diperikirakan korban meninggal karena mengalami hipotermia, selanjutnya korban langsung diserahkan kepada keluarganya dengan menggunakan ambulance menuju rumah duka”. (MPI PDM Kra – JOe). Sumber/gambar : Irwan.