Sambut Muktamar Ke-47, Ribuan Warga Muhammadiyah Wonogiri dan Purwokerto Gelar Pawai Taaruf

0
521

SEMARANG – Ratusan anak yang bernaung dalam lembaga pendidikan Muhammadiyah dan Aisyiah Kabupaten Wonogiri, ramai-ramai menggelar pawai taaruf beberapa waktu lalu. Acara tersebut dikemas dalam event gebyar menyongsong persiapan gelaran muktamar ke 47 Muhammadiyah.
Ketua Pimpinan Daerah Muhamadiyah (PDM) Wonogiri, Kusman, menyatakan muktamar ke-47 Muhammadiyah dan genap satu abad Aisyiah, yang akan dilaksanakan tanggal 3-8 Agustus 2015 mendatang di Makassar Sulawesi. ”Menyongsong acara akbar tingkat nasional tersebut, para siswa dari lembaga pendidikan Muhamadiyah dan Aisyiah di Wonogiri ikut merayakannya dengan menggelar pawai taaruf,” jelas Kusman. Mereka menyusuri ruas jalanan Kota Wonogiri, dengan menampilkan aneka potensi kesenian layaknya gelar karnaval. Selain itu, ada pula sejumlah group drum band pelajar Muhammadiyah.
Salah satu guru SD Muhamadiyah Wonogiri, Irwan, menyatakan khusus peserta dari SD Muhamadiyah jumlahnya mencapai 250 siswa. Ikut serta dalam pawai taaruf yang digelar dengan berjalan kaki tersebut, para anak-anak Taman Kanak-kanak (TK) Bustanul Athfal dan dari lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam naungan pendidikan Aisyiah.
Pawai Ta`aruf di Purwokerto
Sementara itu, di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Sebanyak 3.500 siswa dan guru dari sekolah-sekolah Muhammadiyah di Kabupaten Banyumas, melaksanakan pawai taaruf. Acara yang digelar dalam rangka menyambut Gebyar Muktamar Ke-47 di Makasar ini, dilepas Bupati Banyumas, Achmad Husein, di Alun-alun Purwokerto. Hadir pula dalam kesempatan tersebut, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Banyumas, Ibnu Hasan, Ketua Majelis Dikdasmen PDM, Sakuri Dahlan, seluruh kepala sekolah Muhammadiyah di Kabupaten Banyumas, serta guru dan siswa.
Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Banyumas, Ibnu Hasan, mengatakan dari Alun-alun para peserta pawai melewati Jalan Jenderal Soedirman-Jalan Merdeka-Jalan Gatot Subroto-Jalan Kesatrian-Jalan Dr. Angka dan finish di Kantor Pimpinan Daerah Muhammadiyah Banyumas.
Acara mukmatar Muhammadiyah, baru akan digelar 3 Agustus mendatang. Adapun tema yang diusung, adalah Gerakan Pencerahan Menuju Indonesia Berkemajuan. Dia menjelaskan, pawai taaruf tersebut diikuti 23 sekolah dari total sebanyak 81 sekolah Muhammadiyah di Kabupaten Banyumas. Dia berharap, ke depan peserta pawai akan lebih banyak lagi. ”Dari sebanyak 81 sekolah, setidak-tidaknya saat ini jumlah siswanya mencapai sekitar 21 ribu anak. Sehingga jika seluruh sekolah dan peserta didik ikut berpartisipasi, maka jumlahnya bisa dipastikan akan lebih besar lagi,” ungkapnya.
Bupati Banyumas, Achmad Husein, dalam sambutannya, mengatakan jika berbicara organisasi Islam Muhammadiyah, maka Pemkab berutang budi dan mengakui eksistensi dan fungsi Muhammadiyah di Kabupaten Banyumas. Dalam bidang pendidikan, harus disadari dan diakui, keberadaan penyelenggaraan pendidikan yang dilakukan persyarikatan ini cukup membantu.
Demikian pula di bidang kesehatan, Muhammadiyah juga memberikan andil dalam memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat. Terbentuknya negara Indonesia, juga tidak lepas dari keberadaan organisasi Islam ini. Oleh karena itu, semakin besar Muhammadiyah, semakin besar dan tentram pula negara Indonesia. ”Kami mengucapkan selamat dengan adanya Muktamar Ke-47, semoga pelaksanaannya bisa berjalan sukses,” tandasnya.(H48-63/Bambang Purnomo/CN26/SMNetwork/suaramerdeka.com/editor: Fakhrudin)