Robot Transporter MI Muhammadiyah Debong Wetan Bertarung di Tingkat Nasional

0
836
kepala MIM berfoto dengan siswa hebat-ajang robotik nasional.

PWMJATENG.COM, TEGAL – Robot transporter yang dioperasikan oleh dua siswa MI Muhammadiyah Debong Wetan, Kecamatan Dukuhturi, Kabupaten Tegal siap bertarung dalam Festival dan Kompetisi Robotik Madrasah tingkat nasional yang digelar oleh Kementerian Agama (Kemenag) RI. Kompetisi tersebut akan diselenggarakan pada Ahad-Senin (30-31/10) di Mall of Indonesia Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Kepala MI Muhammadiyah Debong Wetan, Khafidz Mujtahid SP.d menjelaskan, dua siswa yang akan mengikuti lomba tersebut yaitu Mohammad Abid dan Arsyad Fillah. Keduanya sejak awal tahun ajaran baru giat berlatih lewat kegiatan ekstrakurikuler di bawah bimbingan Moh Soleh dari SMP Muhammadiyah Adiwerna.

“Kita menargetkan mereka bisa memberikan yang terbaik karena satu-satunya perwakilan dari Kabupaten Tegal. Kita akan bertanding dengan peserta dari berbagai daerah dan provinsi lain,” jelas dia.

Khafidz menguraikan, ajang tersebut akan diikuti oleh 15 perwakilan MI di bawah naungan Kemenag RI. Sebelumnya, kurang lebih 60 peserta telah mengikuti proses seleksi. Dalam ajang yang sama, juga dipertandingkan kompetisi serupa untuk tingkat MTs dan MA yang juga diikuti oleh 15 perwakilan.

Adapun, lanjut Khafid, menurut panitia, ajang kompetisi tersebut didesain sebagai wadah siswa madrasah yang memiliki bakat di bidang robotika untuk mengaktualisasikan kemampuannya. Selain itu, festival tersebut juga diharapkan dapat menjadi wadah olah asah dan melatih motorik dan kreativitas siswa, serta merangsang logika berpikir dan meningkatkan kemampuan mereka dalam menguasai teknologi dan bekerja secara tim.

Sementara itu, dilansir dari laman www.kemenag.go.id, 15 peserta kompetisi tersebut untuk tingkat MI yaitu MI Anwarus Salam, Jabar, MIN Malang, MIN 2 Kota Tangsel, MIN Demangan Madiun, MIS Muhammadiyah Kalibening Dukun, Jateng, MI As Salaamah, Tangsel, MI Muhammadiyah Debong Wetan, Jateng, MI Wahid Hasyim, Yogyakarta, MI Al-Muminin, Kendari Sultra, MI Asih Putra, Jabar, MI Cokroaminoto 01 Badamita, Jateng, MI Muhammadiyah Al Haq Palu, MIS Internasional Techno Natura, Jabar, MI Pembangunan UIN Jakarta, dan MI YPPI 1945 Babat, Jatim (Hendra Apriyadi /MF/MPI PDM Kabupaten Tegal/ Suara Muhammadiyah).