Ribuan Orang Hadiri Tabligh Akbar dan Pelantikan PDM Banjarnegara

0
533

BANJARNEGARA – Pimpinan Daerah Muhammadiyah Banjarnegara baru saja menggelar Tabligh Akbar Hari ber-Muhammadiyah pada Ahad (31/7/2016) di Pendopo Dipayudha Adigraha Kabupaten Banjarnegara.
Beberapa rangkaian acara yang dilaksanakan pada Tabligh Akbar ini antara lain Pelantikan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Banjarnegara periode Muktamar 47, pelantikan Majelis dan Lembaga PDM Banjarnegara, pelantikan Pimpinan Cabang Muhammadiyah se-Daerah Banjarnegara, serta pelepasan calon jamaah haji warga Muhammadiyah Banjarnegara, dan di tutup oleh pengajian Akbar.
Acara Tabligh Akbar ini dihadiri oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang juga menjadi penceramah, Dahlan Rais, Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah, Tafsir, serta seluruh jajaran Pimpinan Daerah Muhammadiyah Banjarnegara yang hadir lengkap sejumlah 15 orang. Sementara dari jajaran Pemerintah Daerah hadir Bupati Banjarnegara Sutedjo Slamet Utomo, Wakil Bupati Hadi Supeno, Sekretaris Daerah Fahrudin Slamet Susiadi beserta jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah. Hadir pula anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah Wahyu Kristianto. Selain beberapa tamu undangan, tabligh akbar dibanjiri oleh sekitar tiga ribu warga Muhammadiyah dari seluruh penjuru Banjarnegara, sampai-sampai banyak warga tidak mendapat tempat duduk karena jumlahnya lebih banyak daripada yang diperkirakan oleh panitia.
Acara dibuka dengan penampilan Drumb Band SMA Muhammadiyah 1 Banjarnegara, penampilan seni bela diri tapak suci putra Muhammadiyah oleh pendekar cilik dari SD Muhammadiyah Banjarnegara, dan penampilan da’i cilik dari Pondok Pesantren Darul Falah Muhammadiyah Merden. Dilanjutkan dengan pelantikan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Banjarnegara oleh ketua PW Muhammadiyah Jawa Tengah. Usai dilantiknya ketua dan anggota PDM Banjarnegara, acara dilanjutkan dengan pelantikan ketua dan anggota Majelis dan Lembaga serta Pimpinan Cabang Muhammadiyah se-Daerah Banjarnegara. Dan ditutup oleh pengajian akbar yang disampaikan oleh Dahlan Rais.
Dalam pengajiannya Dahlan Rais berpesan kepada seluruh warga Muhammadiyah terutama Pimpinan Muhammadiyah di setiap tingkatkan untuk senantiasa meningkatkan kualitas dan memperluas jangkauan dakwah, serta mampu menjalin kerja sama dengan semua pihak baik internal maupun eksternal untuk mencapai kehidupan Islam yang berkemajuan. Menurut Dahlan kelebihan dari Muhammadiyah adalah mampu menjalankan komunikasi dan kerja sama yang baik dengan berbagai pihak.

Sementara dalam sambutannya, Sobri, ketua PDM Banjarnegara yang baru dilantik menyampaikan syukur bahwa acara pelantikan dapat terlaksana dengan baik. “Pelantikan yang digelar serentak antara PDM, Majelis Lembaga, dan PCM se-Banjarnegara yang dilaksanakan hari ini adalah yang pertama kali dilaksanakan dalam sejarah Muhammadiyah Banjarnegara, harapannya pelantikan ini akan menambah semangat perjuangan Pimpinan Muhammadiyah, yang kemudian dilanjutkan dengan langkah nyata melalui program-program kerja yang telah disusun dalam rangka memajukan umat Islam secara umum, tidak hanya untuk Muhammadiyah tapi untuk seluruh masyarakat, khususnya di Kabupaten Banjarnegara”. (Fitran Zain)