Ribuan Anggota Silat Tapak Suci Ikuti Kenaikan Tingkat

0
1492
KENAIKAN : Ribuan peserta kenaikan tingkat Tapak Suci memenuhi halaman tengah SMK Muhammadiyah 1 Blora, kemarin. (Rusyono)

PWMJATENG.COM, BLORA –  Ribuan anggota silat dari Perguruan Tapak Suci Muhammadiyah Blora, memerahkan halaman tengah SMK Muhammadiyah 1 Blora. Mereka berasal dari seluruh Kabupaten Blora untuk mengikuti kenaikan tingkat yang dilakukan secara serentak.

Pelatih Silat Tapak Suci Muhammadiyah Blora Sumarno mengatakan kalau uji kenaikan tingkat Tapak Suci Pimda 077 Blora diikuti seluruhnya sekitar 1.061 peserta mulai dari anak-anak SD hingga dewasa. “Uji Kenaikan tingkat ini untuk meningkatkan kemampuan pesilat dan diharapkan bisa memberikan prestasi bagi Kabupaten Blora dalam ajang pencak silat di berbagai lomba,” harap Sumarno.

Seluruh uji kenaikan memang di pusatkan di SMK Muhammadiyah 1 Blora, dilangsungkan selama dua hari. Selain itu juga dihadiri oleh pendekar utama Tapak Suci H Rochmadi dari Yogyakarta dan juga dari Pengurus Pusat Tapak Suci.  “Selama ini tapak suci telah berkembang pesat, bukan hanya di lingkungan perguruan Muhammadiyah saja tetapi di sekolah non Muhammadiyah juga banyak diajarkan kepada siswa,” terangnya.

Ujian tingkat terdiri dari siswa satu diikuti sekitar 973,  siswa dasar 72 orang, siswa dua ada delapan orang dan siswa tiga delapan orang. Dari jumlah itu peserta paling banyak berasal dari SMK Muhammadiyah 1 Blora dengan  589 orang. Disusul SMK Muhammadiyah 2 Blora 252 orang, serta dari sekolah Muhammadiyah lainnya. Sedangkan dari luar sekolah Muhammadiyah juga mengirimkan cukup banyak seperti SMPN 3 Jepon dengan 21 orang, SMPN 2 Blora 23 orang, SMP 6 Blora 33 orang dan juga SMPN 4 Blora.

Sumarno menjelaskan kalau Tapak Suci di Blora selama ini telah memberikan kontribusi yang cukup besar dan menyumbang atlet dalam kejuaraan silat. Bahkan belum lama ini berhasil meloloskan dua pesilat pelajar lolos untuk bertanding di ajang Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) dalam waktu dekat ini. Juga medali emas, perak da perunggu dalam ajang Popda se-eks karesidenan Pati.

“Setelah ini maka bibit-bibit atlet pencak silat Tapak Suci bisa lebih banyak muncul untuk memberikan prestasi bagi Blora,” tandasnya. (Sugie/Blora