Ratusan Murid TK ABA Kota Salatiga Ikuti Latihan Manasik Haji

0
1294
Murid TK ABA di Kota Salatiga Latihan manasik

SALATIGA – Sekitar 671 murid Taman Kanak-kanak (TK) Aisyiyah Bustanul Atfal (ABA) di Kota Salatiga dan Kabupaten Semarang, serta murid dari beberapa TK lainnya, mengikuti manasik haji di Lapangan SMA 3 Jl Kartini, Minggu 25 Agustus 2016. Kegiatan praktik ibadah haji tersebut diharapkan mampu memotivasi murid, agar kelak mampu menunaikan Rukun Islam tersebut.
Ketua Pimpinan Daerah Aisyiyah Kota Salatiga, Ratna Timur Nafisati, didampingi ketua panitia Dian Indri Hartani mengatakan, kegiatan itu diikuti sebanyak 13 TK di Kota Salatiga dan sekitarnya.
”Latihan manasik haji diselenggarakan agar sejak dini anak-anak memahami ritual ibadah haji,” ungkap ibu rumah tangga ini dalam sambutannya. Latihan manasik ini berbarengan dengan musim haji. Hal itu dimungkinkan menjadikan peserta didik lebih bersemangat dan menghayati mengikuti pelatihan ini. Kami juga berharap, melalui pelatihan ini mereka bisa memetik nilai-nilai ketaatan dalam menjalankan agama.
Beberapa TK yang mengikuti kegiatan adalah TK Aisyiyah 1 Pembina, TK ABA 3 Nanggulan, TK ABA 4 Tegalrejo, TK ABA 5 Dliko Indah, TK Kartika 24, dan Al Fitroh Nanggulan. Lalu, TK Tarunatama Kalioso, TK Miftahul Jannah Butuh, TK Tunas Mekar, TK Islam Kesongo Tuntang. Lalu TK ABA Jombor, TK ABA Candi, dan TK ABA Pabelan Kabupaten Semarang. Manasik dibuka Ketua IPHI Salatiga Muh Haris dihadiri pengurus Aisyiyah, PDM Kota Salatiga dan Kepala Disdikpora Kota Salatiga.
Panitia sengaja membuat sarana tiruan untuk keperluan praktik ibadah haji, seperti miniatur Kakbah untuk rukun tawaf. Manasik diawali niat haji, wukuf, shalat dua rakaat dengan diawali kumandang adzan oleh Naufal, siswa SD Muhammadiyah Plus. Kemudian murid disimulasikan bermalam di muzdalifah mengambil batu kecil, melempar jumrah aqabah, berkurban, tawaf ifadah, minum air zam-zam, sai, dan tahalul/cukur rambut.
Meskipun di bawah terik matahari, puluhan murid bersemangat mengikuti rangkaian acara. Acara rutin tahunan ini merupakan sarana edukasi untuk mengenalkan rukun Islam kelima kepada anak-anak. (Kontributor : Endra Gunawan Hermanto)