Ratusan Anggota Tapak Suci Ikuti Ujian Kenaikan Tingkat

0
1305

PWMJATENG.COM, REMBANG – Sub unit latihan tapak suci Smk Muhammadiyah Rembang mengadakan ujian kenaikan tingkat Tapak Suci Putra Muhammadiyah, yang diikuti oleh ratusan siswa tapak suci.

Untuk mengetahui sejauh mana para siswa atau manggala tapak suci dalam menangkap materi yang telah disampaikan oleh para pelatih, maka Sub Unit yang bersangkutan mengadakan ujian kenaikan tingkat Tapak Suci Putra Muhammadiyah.

Sebanyak 385 siswa mengikuti ujian yang dilaksanakan dari tanggal 18 juli 2017 sampai dengan 19 juli 2017. Ujian ini dibuka dengan penancapan senjata khas Tapak Suci Putra Muhammadiyah yakni senjata kasegu oleh ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Rembang Bapak Haji Muhammad Anshori.

Kegiatan yang dilaksanakan di halaman Smk Muhammadiyah Rembang ini juga dihadiri oleh Pendekar Madya Tapak Suci Putra Muhammadiyah Bapak Marno dari Pimpinan Daerah Tapak Suci Kabupaten Blora. “Di Tapak Suci tidak ada yang namanya ilmu tenaga dalam, kita benar-benar murni pencak silat, jadi di Tapak Suci tidak ada yang namanya musyrik. Kita hanya percaya kepada kekuatan yang di berikan oleh Allah subhanahu wa ta’ala” pidato Bapak Marno, selaku pendekar Tapak Suci.

Meskipun merasa lelah para peserta ujian masih tetap antusias mengikuti ujian tersebut hingga selesai. “Ujiannya sangat melelahkan, tapi karena ingin bisa ya harus dilakukan, supaya nanti kalau ada apa-apa kita tidak menyusahkan orang lain alias untuk penjagaan diri sendiri om.”  ujar salah satu peserta ujian ketika selesai waktu ujian Ragawi I atau ujian Fisik.

Dalam ujian ini siswa tidak hanya diuji secara fisik saja/ namun ada juga ujian tertulis dan ujian membaca al-qur’an, karena ini memang sesuai dengan pedoman ikrar anggota Tapak Suci Putra Muhammadiyah yang ke-6 yaitu “dengan iman dan akhlak saya menjadi kuat, tanpa iman dan akhlak saya menjadi lemah”

Diharapkan setelah diadakannya Ujian Kenaikan tingkat ini para siswa Tapak Suci mempunyai keahlian untuk menjaga dirinya sendiri dan semakin mendekatkan diri kepada yang Maha Kuasa, karena semua sumber kekuatan berasal dari yang Maha Kuasa Allah SWT. (Ahmad Turmudzi, Rembang)