Rakerta Unimus Tahun 2016: Meningkatkan Komitmen Pimpinan dan Civitas Akademika

0
518

BANDUNGAN – Pada 22-23 Agustus 2016, Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) menyelenggarakan Rapat Kerja Tahunan (Rakerta) yang diagendakan rutin setiap tahun dengan mengambil tema “Meningkatkan komitmen pimpinan dan civitas akademika menuju pengembangan institusi Unimus yang unggul dan berdaya saing”.
Rakerta diikuti oleh jajaran pimpinan meliputi Wakil Rektor, Ketua Lembaga, Dekan, Kepala Unit dan KaProdi di lingkungan Unimus. DibukaolehWakilRektor I (Dr. Sri Darmawati, M.Si.) didampingi Wakil Rektor II (Dr. Sri Rejeki, M.Kep., Sp.Mat.) dan Wakil Rektor III (Drs. Samsudi Rahardjo, MT.), mewakili Rektor (Prof. Dr. Masrukhi, M.Pd.) yang sedang menjalankan ibadah haji. Melalui sambutannya, Wakil Rektor I menghimbau kepada semua peserta agar hasil diskusi dan bahasan kegiatan Rakerta ini hendaknya disosialisasikan kepadatiap unit yang berada di bawahnya, sesuaidengan tema yang diambil, yaitu penguatan komitmen.
Wakil Rektor II menyampaikan, agenda kegiatan yang dirancang selama dua hari ini selaras dengan program kerja yang disusun oleh Rektor di tahun kedua masa kepemimpinannya, yaitu pengembangan institusi menuju mutu unggul. Agenda yang disusun meliputi: 1. Paparan dan diskusi pengembangan bidang 1-2-3 yang disampaikan oleh Wakil Rektor I-II-III; 2. Paparan dan diskusi pengembangan lembaga yang disampaikan oleh Ketua Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (EdySoesanto, SKp., M.Kes.), Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (Dr. DiniCahyandari, MT.), Ketua Lembaga Studi Islam dan Kemuhammadiyahan (RohmatSuprapto, S.Ag., M.Si.); 3. Paparan dan diskusi pengembangan Fakultas dan Program Studi yang dipaparkan oleh Dekan dari tiap Fakultas di lingkungan Unimus.
Penguatan komitmen pimpinan dan civitas akademika memperoleh dukungan dari Badan Pembina Harian (Drs. Wahyudi, M.Pd.) dengan memberikan materimengenai Komitmen bekerja dan berorganisasi di Muhammadiyah. Berkerja dalam konsep ajaran agama Islam merupakan ibadah. Sehingga setiap pribadi yang bekerja di Unimus hendaknya meniatkan setiap kegiatannya untuk beribadah demi memajukan nimus. Untuk membangun danmengembangkan Unimus, dibutuh kanprofesionalisme (meliputi: kemampuan konseptual untuk mengintegrasikan kegiatan bagi kepentingan organisasi, ketrampilan hubungan social untuk dapat bekerjasama dengan orang lain dan ketrampilan teknis untuk melakukan kegiatano perasional) didukung komit mendandedikasi yang menggabungkan pekerjaan dan kehidupan.
Rektor melalui Wakil Rektor I juga menyampaikan bahwa poin rencana program kerja tahun kedepan meliputi: penguatan komitmen civitas akademika; sinergisme internal dan eksternal (melalui amal usaha Muhammadiyah dan non Muhammadiyah) pada bidang pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat dan ke-Muhammadiyahan. Peningkatan kualitas Sumber Daya Manusiamerupakan salahsatu yang akan ditingkatkan, dengan meningkatkan tingkat pendidikan, jabatan fungsional dan yang paling penting adalah jumlah publikasi dan jumlah proposal yang didanai oleh pemerintah atau organisasi non pemerintah. Bidang kemahasiswaan juga menjadi sasaran berikutnya, dengan target utama meningkatkan jumlah prestasi mahasiswa baik di bidang akademik (peningkatan jumlah proposal PKM mahasiswa yang didanai) maupun non akademik (prestasi di bidang olahraga dan keorganisasian).Tujuandari keseluruhan pengembangan Unimus kedepanya itu untuk menjalankan salah satu tujuan Muhammadiyah, amarmaruf nahi mungkar dan mencapai visi Unimus untuk menjadi Universitas yang unggul, berkarakter, berbasis teknologi dan berwawasan internasional. (Reportase: UPT Kehumasan& JIPC)