Raker PDM Kabupaten Pati: Memperkuat Strategi Dakwah Menuju Kemandirian Berkemajuan

0
534

PWMJATENG.COMPATI (25/12/2016) Muhammadiyah ialah gerakan Islam sekaligus gerakan tajdid, dimana tujuan yang menjadi perjuangan Muhammadiyah ialah menjunjung tinggi agama Islam dengan sebenar-sebenarnya.

Menurut penjelasan dari Prof. Dr. H. M. Dailamy pada acara Rakerpimda (Rapat Kerja Pimpinan Daerah) Muhammadiyah Kabupaten Pati yaitu melaksanakan rapat (contoh: rakerpimda) harus diniati dengan beribadah, bukan niat untuk disanjung akan jabatan yang diterima, yakni niat yang benar untuk mencari ridho Allah, akan membuahkan keikhlasan. Ikhlas dalam berorganisasi, khususnya dalam Persyarikatan Muhammadiyah harus ditumbuhkan di warga Muhammadiyah, dan menjadi dasar keikhlasan yang tidak boleh ditawar-tawar dengan suatu alasan apapun.

Ada hal penting dalam terma kegiatan kali ini yang dapat dipetik, yakni cara memperkuat strategi dalam Dakwah Menuju Kemandirian Berkemajuan. Tamu undangan PWM Jateng yang hadir dalam acara ini menjelaskan beberapa faktor dalam menyikapi rakerpimda. Pertama, menguji loyalitas sikap Muhammadiyah pada warga Muhammadiyah dalam Rakerpimda Muhammadiyah Kabupaten Pati 2016, sehingga terbina masyarakat Muhammadiyah yang sami’na wa’atho’na. Kedua, sikap berorganisasi, dimana sikap warga Muhammadiyah khususnya pimpinan dapat menyikapi dengan cekatan tanpa membuat alasan-alasan untuk tidak menghadiri pribadi/kelompok maju adalah pola pikir yang mendasar dalam mengikuti organisasi.

Dengan demikian, dakwah Muhammadiyah benar-benar mengusahakan menghilangkan TBC (tahayul, bid’ah, dan khurafat), sehingga dakwah yang dilakukan Muhammadiyah mampu membangkitkan kemampuan imajinatif agar masyarakat memiliki kehidupan yang semakin estetik (indah), simbolik (dalam arti beradab), dan cerdas.

(Qolila, Richson, dan Tuti)