PW Aisyiyah Jateng Gelar Milad Aisyiyah ke 102 M

0
235
Ketua Pimpinan Pusat Aisyiyah, Siti Noorjanah, membuka acara Milad Aisyiyah ke 102 M dan Milad 1 Abad TK ABA

PWMJATENG.COM, SEMARANG – Dalam rangka memperingati Milad Aisyiyah ke 102 M dan Milad 1 Abad TK ABA, Pimpinan Wilayah Aisyiyah (PWA) Jawa Tengah menggelar acara Lomba dan Expo Pendidikan. Acara diselenggarakan di Gedung Serba Guna Universitas Muhammadiyah Semarang, Ahad (13/10).

Ratusan peserta dari Pimpinan Daerah Aisyiyah ( PDA ) se Jawa Tengah dan TK ABA se Kota Semarang memadati tempat acara.

Acara tersebut dihadiri oleh Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah, Musman Tholib dan Ketua Pimpinan Pusat Aisyiyah, Siti Noorjannah yang sekaligus membuka acara.

Tak ketinggalan pula, siswa dari TK ABA 04 Wonodri Semarang yang ikut memeriahkan acara pembukaan Milad Aisyiyah ke 102 dan 1 Abad TK ABA dengan penampilan drum band.

TK Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) diharapkan mampu mendididk generasi masa depan, menjadi sosok yang tidak hanya pandai secara keilmuan, namun juga memiliki fondasi keimanan dan mental yang kuat. Hal tersebut disampaikan Ketua Pimpinan Pusat Aisyiyah Siti Noorjanah, dalam peringatan Milad 100 Tahun TK ABA & 102 Aisyiyah di kampus Unimus Kedungmundu Semarang.

“Menghadapi perubahan zaman dan situasi global, yang semakin kompetitif. Setiap generasi muda Indonesia, perlu penguatan akidah dan iman, memiliki rasa peduli, hormat terhadap sesama dan orang tua, sehingga berguna bagi bangsa dan kemanusiaan,” paparnya.

Salah satu stand expo pendidikan

Sementara itu, Ketua panitia yang juga Ketua Majelis Ekonomi dan Ketenagakerjaan PWA Jateng, Eny Winaryati menyampaikan, “Acara dimeriahkan dengan adanya Expo Pendidikan dari Majelis Dikdasmen PDA Se Jawa Tengah yang bekerjasama dengan TK ABA masing – masing daerah. Dalam Expo tersebut, menampilkan produk pembelajaran yang dihasilkan oleh guru dan siswa, yang meliputi poster, liflet, buku, produk kreatifitas, produk makanan, serta produk panduan. Serta Memamerkan berbagai bentuk kegiatan yang merupakan keunggulan daerah, produk unggu;an berbasis kearifan lokal daerah sebagai aktivitas yang dapat menjadi inspirasi Aisyiyah di Abad kedua”.

Selain itu juga diramaikan pula oleh Bazar yang diikuti oleh PDA Se Jateng dan masyarakat umum. Bazar ini menjual aneka makanan khas dari daerah masing – masing, pernak pernik persyarikatan, aneka busana, dll.

Dalam acara Milad Aisyiyah ke 102 dan Milad 1 Abad TK ABA ini juga diadakan berbagai lomba. Diantaranya lomba 5 M ( menggambar, mewarnai, mengguting, melipat, menempel) yang diikuti oleh siswa TK ABA se Kota Semarang. Serta lomba makanan bekal sekolah dari bahan jagung oleh majelis kesehatan, lomba role play oleh Majelis Hukum dan HAM, Lomba QTA, Lomba Website oleh Lembaga Penelitian dan Pengembangan Aisyiyah, Lomba Membatik oleh Majelis Ekonomi dan Lembaga Kebudayaan, Lomba Pidato oleh Majelis Tabligh, Lomba MC, Lomba Kerajinan dari limbah plastik dan limbah kertas oleh Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana, Lomba Expo Pendidikan oleh PDA, Lomba Youtube profil panti, lomba paduan suara, serta lomba laporan BUEKA oleh majelis ekonomi. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Pimpinan Wilayah Aisyiyah Jateng, Ummul Baroroh di sela acara.

Peserta Lomba 5M nampak serius mengikuti lomba

 

Peserta lomba terlihat serius membuat kreasi dari limbah plastik

 

Peserta lomba membatik Majelis Ekonomi

‘Aisyiyah sebagai organisasi sosial keagamaan yang bergerak pada segala bidang kehidupan, menjalankan misi dakwah amar ma’ruf nahi munkar dan tajdid telah berkiprah selama seratus tahun untuk membela dan memajukan kehidupan umat dan bangsa. Dalam rentang perjalanan sejarah seratus tahun atau satu abad ‘Aisyiyah memang telah menggoreskan jejak “Memuliakan Martabat  Umat dan  Berkiprah Memajukan Jawa Tengah”.

Menandai kiprah ‘Aisyiyah sebagai pioneer pendidikan Anak Usia Dini di Indonesia, sejak didirikan TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal 1(TK ABA1) di Kauman Jogjakarta pada tanggal 21 Agustus 1919, maka ‘Aisyiyah akan menorehkan sejarahnya. TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal yang sudah satu abad lalu memulai dakwah Islam bagi anak di usia dini, telah mendidik anak Indonesia tumbuh dan berkembang menjadi manusia yang cerdas, soleh dan berkarakter Islami, dalam memperingati 1 abad ini mengambil tema “Satu Abad Tk „Aisyiyah Bustanul Athfal Berhidmat Mendidik Negeri”. Sedangkan di Jawa Tengah, baru didirikan pertama kali TK ABA 1 di Kota Tegal tahun 1928. Perayaan 100 tahun ini hendaknya dijadikan momentum yang baik untuk ‘Aisyiyah berta’awun (tolong menolong) dalam mewujudkan pendidikan anak usia dini yang berkualitas. Sesuai seruan Muhammadiyah maka TK ABA dalam milad ini juga akan bersatu padu ber-ta’awun pendidikan anak usia dini yang ramah anak dan berkualitas. Segala bentuk kegiatan yang akan diselenggarakan dalam rangka milad ini akan mengarah kediskusi soal kualitas, menelaah ilmu untuk TK ABA dari hasil riset terkini dan berbagai rekomendasi praktik TK ABA yang terbaik untuk mempersiapkan abad ke dua. Berbagai kegiatan telah dirancang dan akan kita laksanakan bersama baik di pusat, wilayah, daerah, maupun cabang dan ranting.

Ketua PWA Jateng, Dr. Ummul Baroroh sedang menyerahkan piala kepada salah satu pemenang lomba

Acara ditutup dengan pembagian hadiah oleh Ketua PWA Jateng, kepada para pemenang lomba. Hadiah berupa Sertifikat, piala serta uang pembinaan. (it)