Puluhan Ribu Warga Muhammadiyah Semarakkan Jateng Bermunajat

0
296

PWMJATENG.COM, SEMARANG – Puluhan ribu warga Muhammadiyah memadati acara Jateng Bermunajat di lapangan Simpanglima Semarang, Sabtu (26/10) malam. Acara ini merupakan bagian dari Gebyar Muktamar Muhammadiyah dan sekaligus pembukaan Olimpiade Ahmad Dahlan (OlympicAD) Nasional VI 2019 yang akan berlangsung Sabtu (27/10) hingga Senin (28/10/2019) di Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus).

Tema yang diusung pada kegiatan Jateng Bermunajat adalah “Menuju Jawa Tengah Semakin Rukun, Sejahtera, dan Maju”, sedangkan tema OlympicAD Nasional VI adalah “Membangun Sinergi dalam Mewujudkan Pendidikan Muhammadiyah yang Berkemajuan di Era Revolusi Industri 4.0”.

Hadir dalam kesempatan ini, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar pranowo, dan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Prof.Haedar Nashir, Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jateng, Drs. H Tafsir MAg, dan sejumlah tokoh. Pada acara Jateng Bermunajat, Ketua Umum PP Muhammadiyah, Prof.Haedar Nashir, mengisi tausiah.

Di awal acara, Drs. H Tafsir MAg, Ketua PWM Jateng selaku panitia acara, mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, dan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, yang telah memfasilitasi terselenggaranya Jateng Bermunajat.

“Terimakasih pak Ganjar tidak masuk kabinet. Kalau masuk nanti Muhammadiyah tidak masuk kabinet,” canda Tafsir.

“Terimakasih masih di Jawa Tengah,” imbuhnya.

Ternyata Ganjar yang juga Gubernur Jawa Tengah itu menanggapi dengan guyonan juga saat memberikan sambutan. Ganjar juga menyebut jabatan tidak perlu dikejar.

“Saya udah siap-siap masuk kabinet, tapi tidak masuk karena kabinet file saya terlalu kecil,” candanya

“Jabatan aja dioyak (jangan dikejar), kalau gusti Allah tidak merestui, numpak jet yo ora tekan (naik jet juga tidak akan sampai),” imbuh Ganjar.

Selain itu, H. Tafsir, M.Ag, menyampaikan, bahwa Jateng Bermunajat tidak hanya dihadiri oleh warga Muhammadiyah Jateng saja, melainkan juga ribuan peserta Olimpicad, termasuk yang dari Papua.

“Di tengah – tengah kita, ada saudara kita dari Papua, yang bersekolah di sekolah Muhamamdiyah. Muhammadiyah ada untuk semua, Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) , termasuk lembaga pendidikan muhammadiyah tidak hanya menerima mahasiswa muslim saja, tetapi juga menerima mahasiswa non muslim,” bebernya.

“I Love U Full Papua”, imbuh Tafsir menyapa kontingen dari Papua.

Sementara itu, terkait dengan persiapan Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah ke 48, Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta Profesor DR. Sofyan Hanif, menyampaikan,  UMS siap menjadi tuan rumah Muktamar Muhamamdiyah dan Aisyiyah ke 48. “UMS telah membangun gedung yang ramah lingkungan yang berkapasitas 10 ribu orang,” tandasnya.

TANDAI PEMBUKAAN OLIMPICAD – Ketua Umum PP Muhammadiyah, Prof H. Haedar Nasir, Gubernur Jateng. H Ganjar Pranowo, Ketua PW Muhammadiyah Jateng Drs. H. Tafsir, serta MAg, serta Ketua Majelis Dikdasmen Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Baedhowi , menabuh perkusi menandai pembukaan Olimpicad

Ketua Majelis Dikdasmen Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Baedhowi menyampaikan ucapan terimakasih kepada para peserta, “Terimakasih kepada seluruh peserta yang sudah yang sudah menghadiri acara Jateng Bermunajat dan Pembukaan Olympicad Nasional 2019, Semoga acara olympicad berjalan dengan lancar. Semoga acara ini menghasilkan hasil yg terbaik sebagai ajang kreatifitas para siswa dan guru.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, dalam sambutannya menyampaikan, Muhammadiyah membawa persatuan Indonesia, Muhammadiyah memberi kesejukan untuk semua. Selamat bertemu, selamat bersilaturahmi, adek – adek pelajar selamat bersaing secara sehat. “Jawa Tengah akan selalu berkontribusi kepada Muhammadiyah,” ungkapnya.

Dilanjutkan pemukulan perkusi pembukaan Olympicad Nasional 2019 oleh Gubernur Jawa Tengah, yang didampingi oleh Ketua PP Muhamamdiyah Prof.Haedar Nashir, Ketua Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah Prof Baedhowi, dan Ketua Pimpinan Wilayah Muhamamdiyah Jawa Tengah, Drs.H.Tafsir. (isna)