Pertajam Kemampuan Mengajar, STIT Muhammadiyah Kendal Terjunkan Mahasiswa PPL

0
971
Kepala SMA Muhammadiyah 4 Kendal, Slamet Purwanto, S.Pd, M.Psi (kiri) bersama 4 mahasiswa STIT Muhammadiyah Kendal yang siap PPL di sekolahan tersebut

PWMJATENG.COM, KENDAL – Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Muhammadiyah Kendal sebanyak 55 orang pada Senin (30/1) diterjunkan di 10 SLTP/A Negeri dan Swasta di Kab. Kendal. Hal tersebut dilakukan dalam rangka pelaksanaan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) bagi mahasiswa jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) di dunia pendidikan formal. PPL sendiri sebagai cara memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa dengan tugas langsung mengajar di depan kelas.

Dosen pembimbing lapangan, H. Ikhsan Intizam, LC, M. Ag ketika ditemui di sela – sela pendampingan PPL berharap kepada seluruh mahasiswa untuk bisa melaksanakan tugas dengan maksimal “ Laksanakan tugas PPL dengan semangat disiplin, agar sekolahan yang dijadikan tempat PPL menilai positif “ pinta Ikhsan. Menurut beliau PPL sebagai media pembelajaran dan untuk mempertajam profesi guru “ PPL sebagai wadah mahasiswa untuk belajar dan pengembangan diri tentang mengajar secara benar” ujarnya. Beliau juga menilai ada tujuan positif dan mulia selain PPL sebagai media pembelajaran dan pengembangan profesi, “ PPL sebagai bentuk pengabdian diri untuk mengajar secara nyata di depan kelas. Meski sifatnya belajar dalam mengajar, tetapi fungsi dan tujuannya tetap sama seperti guru pada umumnya, yaitu mencerdaskan anak – anak bangsa agar memahami ajaran – ajaran Islam secara sederhana dan bersifat menyeluruh, sehingga dapat dipergunakan sebagai pedoman hidup dan amalan perbuatan untuk membentuk pribadi yang berakhlak mulia sesuai dengan ajaran Islam “ jelasnya.

Penempatan mahasiswa PPL tersebut disambut baik oleh pihak sekolahan, seperti kepala SMA Muhammadiyah 4 Kendal, Slamet Purwanto, M.Psi yang menerima 4 mahasiswa dengan praktek selama dua bulan, “ kami merasa bangga, sekolahan kami sebagai tempat praktek mahaiswa STIT Muhammadiyah Kendal “ ujarnya. Bagi Slamet, mengajar tidak sekedar menyampaikan materi pembelajaran, “ Ada hubungan emosional antara guru dan siswa ketika proses pembelajaran tersebut berjalan, dan itu merupakan sebagai cara untuk bisa memahamkan sisi kognisi dari para siswa “ ungkapnya.

Terpisah. Ketua STIT Muhammadiyah Kendal, Prof. Dr. H. Daelamy, SP berpesan kepada seluruh mahasiswa untuk berlaku disiplin selama menjalankan tugas PPL “ Disiplin sebagai kunci dari setiap kesuksesan. Jika kalian berdisiplin akan merasakan manfaatnya “ sarannya. (Alifta Miftakhul Jannah)