Persyarikatan Harus Mampu Mengontrol AUM, Bukan Sebaliknya, AUM Mengontrol Persyarikatan

0
830

PWMJATENG.COM, Kajen (31/12/2016). Di penghujung tahun 2016, Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kajen Kabupaten Pekalongan, bertempat di obyek wisata Kali Paingan Linggo Asri, Kajen, mengumpulkan semua Majelis, Lembaga, dan Pimpinan Ranting Muhammadiyah se-kecamatan Kajen, untuk merumuskan program kerja PCM Kajen 2017.

Dalam Kultum acara Pembukaan RAKERCAB, Drs. Sutono, wakil ketua PCM Kajen, menyampaikan, “Muhammadiyah, sebagai persyarikatan haruslah mampu mengontrol AUM-nya, bukan sebaliknya, AUM mengontrol persyarikatan. Banyak terjadi, di luar sana, AUM malah mengontrol Muhammadiyah. Padahal sejatinya, Muhammadiyah lah yang memiliki dan membentuk AUM. Oleh karena itu, PCM harus melakukan penguatan organisasi.”
Senada dengan kultum Drs. Sutono, ketua PCM Kajen, H. Achmad Soleh, S.Ag., menyampaikan, “PCM Kajen harus menyatukan langkah untuk menguatkan dan bergerak lebih baik dari periode sebelumnya”.
Pelaksanaan RAKERCAB dilanjutkan dalam bentuk diskusi kelompok-kelompok kecil yang fokus membahas beberapa bidang. Kelompok 1, membahas bidang Pembangunan, bidang Pendidikan Dasar dan Menengah, bidang Tabligh Tarjih dan Tajdid, bidang Kaderisasi dan Pustaka Informasi, bidang Pondok Pesantren Muhammadiyah, dan Anggaran Pendapatan PCM. Kelompok 2 membahas : bidang Ekonomi Kewirausahaan dan Pemberdayaan Masyarakat, Wakaf dan Kehartabendaan, dan bidang LAZIS. Sesangkan Kelomopok 3 membahas : bidang Pembina Kesehatan Umum dan Pelayanan Sosial, bidang Lembaga Penanggulanagan Bencana, bidang Seni Budaya dan Olah raga, dan bidang Pengembangan Cabang dan Ranting.

 

MPI PKLG