Persiapkan Kader Berkelanjutan,Pemuda Muhammadiyah Purworejo Gelar DIKLATSAR 1

0
623

PWMJATENG.COM, Purworejo – Dalam rangka menyiapkan kader Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah  (KOKAM) Kabupaten Purworejo yang berkelanjutan, Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Purworejo menggelar pendidikan dan pelatihan dasar 1 (DIKLATSAR 1) KOKAM pada 25-27/12) di Komplek SMK Muhammadiyah Purwodadi. Pelatihan kali ini mengangkat tema Membentuk Kader yang Profesional dan KOKAM Siap Menjaga Aset Muhammadiyah hingga Titik Darah Terakhir ini diikuti kurang lebih 50an peserta delegasi dari PC Muhammadiyah dan Amal Usaha Pendidikan Muhammadiyah se-Kabupaten Purworejo. Disampaikan Shandhy Kurniawan Komandan KOKAM Kabupaten Purworejo bahwasanya pelatihan ini program tahunan yang direncanakan akan diselenggarakan bergantian dengan program lainnya. Adapun kesempatan ini periode 1.

“Melalui diklatsar inilah para kader disiapkan menjadi kader KOKAM yang lebih berdaya, mandiri dan bisa akses semua persoalan kemasyarakatan baik dalam bidang kebencanaan maupun yang lainnya,”ungkap Shandhy Kurniawan.

Ditambahkan Drs. H. Pujiono Ketua PD Muhammadiyah Purworejo dalam sambutannya mengharapkan kepada kader KOKAM harus menjadi orang yang cerdas mampu menangkal gerakan radikalisme dan gerakan laten komunisme yang berada di tengah-tengah masyarakat dimana Muhammadiyah menjadi bagian yang tak terpisahkan bagi NKRI. “KOKAM harus berada di barisan terdepan untuk menjaga kesatuan NKRI ini. Maka, DIKLATSAR 1 ini sangat penting untuk dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Sehingga didapatkan kader yang benar-benar handal kuat secara fisik, mental. Serta menjadi manusia yang bermanfaat bagi orang lain,”ujar Drs. Pujiono.

Turut dihadiri oleh  perwakilan Komandan Kodim Purworejo A. Haris NST, perwakilan Kapolres Kab. Purworejo Maarif, Koramil Purwodadi, Kepala SMK Muhammadiyah Purwodadi, Ketua PD Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Purworejo, Komandan KOKAM Kabupaten Purworejo beserta jajaran PD Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Purworejo.

Agenda diklatsar ini diapresiasi Maarif perwakilan Kapolres Kab. Purworejo yang menyampaikan bahwasanya pelatihan diikuti oleh peserta yang dididik dari para pemuda dengan fisik yang masih kuat dan energik. “Harapan saya adalah peserta punya kemampuan dan keterampilan dengan akhirnya dapat mampu membantu masyarakat yang membutuhkan baik tenaga maupun pemikiran,”ujarnya.

Begitu juga dari perwakilan Komandan Kodim Kab. Purworejo A. Haris NST turut memberikan kesan positifnya dengan dilaksanakannya diklatsar ini. Beliau menekankan bahwasanya ini bukan merupakantugas yang ringan. Merupakan sebagai bentuk penyiapan kader dan organisasi. “Pelatihan ini harapannya mampu mempersiapkan generasi muda khususnya dari Angkatan Muda Muhammadiyah yang selalu tanggap serta dapat mengantisipasi perkembangan situasi ke depan yang penuh dengan tantangan dan ancaman serta kegiatan ini dapat terus berlanjut hingga dapat persiapkan kader yang tangguh siap menghadapi segala bentuk ancaman dan tantangan yang tidak ringan,”pungkasnya.

Dalam pelatihan ini didukung secara langsung oleh Tim Instruktur Kokam Jawa Tengah. Berbagai materi inti yang disampaikan yakni Al Islam, Aqidah, Ibadah, Ideologi Muhammadiyah, Peran Tugas Fungsi Pemuda Muhammadiyah dan KOKAM, Struktural dan Teknik Komunikasi, Identitas Mars, PBB serta teknik pengawalan, Bela Negara, Navigasi Darat, Survival dan lainnya. Serta berbagai kegiatan pendukung lainnya. Sedangkan dalam penyampaiannya disampaikan oleh Tim Instruktur, PD Muhammadiyah Purworejo, Kodim Purworejo dan Pimpinan Kokam daerah. (AHMAD MUSDANI)